Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Model Pembelajaran Tanpa Isyarat (Nondirective)

Sintaks (Joyce dan Weil, 2003) :
Fase 1 :
Mendefinisikan situasi menolong
Guru mendorong mulut perasaan secara bebas
Fase 2 :
Eksplorasi permasalahan
Peserta didik didorong mendefinisikan permasalahan
Guru mendapatkan dan mengklarifikasi perasaan


Fase 3 :
Mengembangkan pendalaman masalah
Peserta didik mendiskusikan masalah
Guru menawarkan sumbangan terhadap peserta didik
Fase 4 :
Merencanakan dan menciptakan keputusan
Peserta didik merencanakan menciptakan keputusan awal
Guru mengklarifikasi keputusan yang mungkin
Fase 5 :
Memadukan
Peserta didik memperoleh pendalaman dan menyebarkan lebih banyak tindakan positif
Guru menawarkan dukungan

Sistem Sosial :
Guru bertindak sebagai fasilitator dan peserta didik memulai mendiskusikan permasalahan. Guru menawarkan penghargaan dan tidak menawarkan hukuman. Penghargaan sanggup berupa penerimaan, empati, dan pemahaman oleh guru

Prinsip Reaksi :
Guru dekat dengan peserta didik, berempati, menolong peserta didik mendefinisikan masalahnya, dan melaksanakan tindakan untuk memperoleh penyelesaian masalah

Sistem Pendukung :
Guru membutuhkan daerah yang hening untuk pertemuan langsung (empat mata)

Dampak :
Dampak instruksional dan pengiring model pembelajaran ini dideskripsikan sebagai berikut.

Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Model Pembelajaran
2. Model Pembelajaran Investigasi Kelompok
3. Model Pembelajaran Bermain Peran
4. Model Pembelajaran Induktif
5. Model Pembelajaran Perolehan Konsep
6. Model Pembelajaran Inkuiri Ilmiah
7. Model Pembelajaran Latihan Inkuiri
8. Model Pembelajaran Ingatan (Memory)
9. Model Pembelajaran Sinektik
10. Model Pembelajaran Advance Organizer
11. Model Pembelajaran Langsung (Direct instruction)
12. Model Pembelajaran Simulasi
13. Model Pembelajaran Inkuiri Yurisprudensi (Yurisprudential Inquiry)
14. Model Pembelajaran Kooperatif
15. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning)