Metode Pembelajaran; Tahapan Pembelajaran
Tahapan pembelajaran untuk beberapa metode pembelajaran yang umum dipakai ialah sebagai berikut.
Metode
1. Curah pendapat (Brainstorming), yakni proses mencar ilmu berkelompok di mana disajikan suatu masalah, guru mengumpulkan semua ide-ide penerima didik, kelompok mencar ilmu memakai kreativitas untuk menemukan penyelesaian masalah. Kegiatan mencar ilmu harus diupayakan agar:
a. Fokus pada kuantitas, sebanyak mungkin pandangan gres dikumpulkan dari penerima didik dalam waktu singkat
b. Mencegah kritik
c. Mengembangkan ide-ide kreatif
d. Menggabungkan ide
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan topik yang akan dikaji
- Guru menyajikan permasalahan
- Mengembangkan alternatif penyelesaian problem dengan mengumpulkan pandangan gres sebanyak mungkin dari penerima didik
- Berhenti atau beristirahat sejenak
- Melakukan penilaian dengan memilih, memilah, atau menggabungkan pandangan gres yang positif dan potensial untuk dibahas guna menuntaskan masalah
Metode
2. Studi kasus, di mana disajikan permasalahan positif dalam kehidupan, lalu penerima didik menuntaskan problem atau mengidentifikasi tindakan untuk mengatasi masalah
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Penyajian dilema atau kasus
- Mempertimbangkan situasi konteks
- Menemukan keputusan
- Menyatakan kesimpulan atau solusi yang sanggup dilakukan
Metode
3. Diskusi, di mana guru memulai diskusi, memancing respons/partisipasi penerima didik, memantau pemahaman penerima didik. Diskusi sanggup dilakukan untuk menyajikan topik baru, meningkatkan kinerja, atau menuntaskan masalah.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru menyajikan topik, tugas, proses, atau ide
- Guru menyajikan pertanyaan terbuka (open ended)
- Peserta didik diminta menjawab pertanyaan yang diajukan
- Guru mengklarifikasi, merangkum, dan mengkaji ulang hasil diskusi
Metode
4. Demonstrasi, di mana guru memperlihatkan dan menjelaskan pelaksanaan kiprah pada penerima didik, lalu penerima didik diminta menjelaskan konsep atau melaksanakan kegiatan yang terkait dengan demonstrasi.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru menyajikan kiprah
- Guru menyajikan demonstrasi
- Guru memulai diskusi dengan mengajukan pertanyaan
- Guru mengecek pemahaman penerima didik
- Peserta didik melaksanakan suatu aktivitas/tugas secara benar
Metode
5. Permainan, di mana penerima didik dilibatkan dalam permainan untuk simulasi suatu kiprah atau topik tertentu.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan metode yang akan dilaksanakan
- Guru menawarkan hukum dalam bermain
- Peserta didik memulai permainan
- Evaluasi dilakukan selama permainan dilakukan
- Permainan diakhiri sesudah sukses ataupun gagal
Metode
6. Pembicara tamu, di mana seorang pakar atau andal dari forum yang berbeda didatangkan sebagai narasumber/pembicara.
Tahapan
- Guru memperkenalkan pembicara tamu dan menjelaskan topik yang akan didiskusikan atau dijelaskan
- Pembicara tamu menyajikan informasi
- Dilakukan tanya jawab, atau hanya merupakan gosip satu arah
- Guru mengecek pemahaman penerima didik (dapat dilakukan pada pertemuan selanjutnya)
Metode
7. Belajar mandiri, di mana penerima didik melaksanakan pembelajaran secara mandiri, contohnya dengan dukungan modul, media interaktif, dan sebagainya
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru menawarkan kiprah pada penerima didik untuk mempelajari bahan mencar ilmu dari modul atau media interaktif
- Peserta didik mempelajari bahan pelajaran yang belum dipahami dan mengecek pemahamannya dengan instrumen yang disediakan
- Evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh guru
Metode
8. Kuliah/ceramah, di mana guru menyajikan bahan pembelajaran secara lisan.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memberikan gosip secara verbal kepada kelompok penerima didik
- Dilakukan tanya-jawab untuk meningkatkan pemahaman penerima didik
- Peserta didik diberi kesempatan untuk mengikuti latihan
- Guru mengecek pemahaman penerima didik
Metode
9. Mentoring, di mana pembelajaran dilaksanakan dengan interaksi individual untuk meningkatkan kepribadian atau profesionalitas, terutama dikala penerima didik menemukan kesulitan.
Tahapan
- Kesepakatan (hubungan/interaksi) antara mentor dan penerima didik
- Mentor membimbing penerima didik dalam menentukan tindakan yang efektif
- Mentor melaksanakan tutorial dengan interaksi individual
Metode
10. Diskusi panel, di mana pelatih bersama dengan pembicara tamu atau pakar menjadi pembicara dalam sebuah diskusi, penerima didik menawarkan respons terhadap topik yang dipaparkan, lalu narasumber menawarkan tanggapan sesuai dengan sudut pandangnya. Dalam hal ini, tidak ada satu tanggapan yang paling benar.
Tahapan
- Instruktur/narasumber memaparkan bahan dalam suatu topik secara bergantian sesuai dengan bidangnya
- Peserta diberi kesempatan bertanya
- Narasumber menawarkan respons/jawaban dari sudut pandangnya
Metode
11. Pembelajaran sobat sejawat, di mana penerima didik mencar ilmu dari penerima atau kelompok lainnya.
Tahapan
- Guru menentukan dan melatih penerima didik yang akan jadi narasumber
- Peserta didik yang telah dilatih, menawarkan training pada penerima lain
- Guru memantau kemajuan mencar ilmu dan menawarkan penguatan
Metode
12. Latihan praktik, di mana penerima didik melaksanakan acara sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kondisi yang dikontrol
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memperlihatkan cara melaksanakan sesuatu tindakan
- Peserta didik diminta melaksanakan kegiatan ibarat yang dilakukan guru sesuai standar yang ditetapkan
- Guru mengecek keterampilan penerima didik
Metode
13. Penelitian, di mana penerima didik melaksanakan penelitian untuk mencapai tujuan pembelajaran
Tahapan
- Guru memberikan tujuan yang ingin dicapai dan rencana penelitian yang akan dilakukan
- Peserta didik melaksanakan penelitian sesuai dengan isyarat dan tujuan yang ingin dicapai
- Guru memantau kegiatan penelitian yang dilakukan
- Guru mengevaluasi pemahaman penerima didik terkait dengan kegiatan yang dilakukan
Metode
14. Bermain peran, di mana berperan/bertindak dalam suatu simulasi insiden yang terjadi di lingkungan.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memaparkan permasalahan
- Pemilihan pemain peran
- Guru dan penerima didik mengatur permainan yang akan dilakukan
- Peserta didik melaksanakan permainan dan diamati penerima didik yang tidak ikut bermain
- Guru melaksanakan penilaian dan membimbing diskusi terkait permasalahan dan permainan yang telah dilakukan
Metode
15. Seminar, di mana penerima didik melaksanakan penyelesaian problem (problem solving) suatu permasalahan tertentu secara berkelompok.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan topik yang akan dipelajari
- Kelompok penerima didik dibuat untuk menuntaskan permasalahan
- Peserta menyajikan permasalahan
- Anggota kelompok mengemukakan penyelesaian problem dan melaksanakan diskusi untuk menentukan solusi yang paling sesuai
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Baca Juga
Metode Pembelajaran
Metode
1. Curah pendapat (Brainstorming), yakni proses mencar ilmu berkelompok di mana disajikan suatu masalah, guru mengumpulkan semua ide-ide penerima didik, kelompok mencar ilmu memakai kreativitas untuk menemukan penyelesaian masalah. Kegiatan mencar ilmu harus diupayakan agar:
a. Fokus pada kuantitas, sebanyak mungkin pandangan gres dikumpulkan dari penerima didik dalam waktu singkat
b. Mencegah kritik
c. Mengembangkan ide-ide kreatif
d. Menggabungkan ide
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan topik yang akan dikaji
- Guru menyajikan permasalahan
- Mengembangkan alternatif penyelesaian problem dengan mengumpulkan pandangan gres sebanyak mungkin dari penerima didik
- Berhenti atau beristirahat sejenak
- Melakukan penilaian dengan memilih, memilah, atau menggabungkan pandangan gres yang positif dan potensial untuk dibahas guna menuntaskan masalah
Metode
2. Studi kasus, di mana disajikan permasalahan positif dalam kehidupan, lalu penerima didik menuntaskan problem atau mengidentifikasi tindakan untuk mengatasi masalah
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Penyajian dilema atau kasus
- Mempertimbangkan situasi konteks
- Menemukan keputusan
- Menyatakan kesimpulan atau solusi yang sanggup dilakukan
Metode
3. Diskusi, di mana guru memulai diskusi, memancing respons/partisipasi penerima didik, memantau pemahaman penerima didik. Diskusi sanggup dilakukan untuk menyajikan topik baru, meningkatkan kinerja, atau menuntaskan masalah.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru menyajikan topik, tugas, proses, atau ide
- Guru menyajikan pertanyaan terbuka (open ended)
- Peserta didik diminta menjawab pertanyaan yang diajukan
- Guru mengklarifikasi, merangkum, dan mengkaji ulang hasil diskusi
Metode
4. Demonstrasi, di mana guru memperlihatkan dan menjelaskan pelaksanaan kiprah pada penerima didik, lalu penerima didik diminta menjelaskan konsep atau melaksanakan kegiatan yang terkait dengan demonstrasi.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru menyajikan kiprah
- Guru menyajikan demonstrasi
- Guru memulai diskusi dengan mengajukan pertanyaan
- Guru mengecek pemahaman penerima didik
- Peserta didik melaksanakan suatu aktivitas/tugas secara benar
Metode
5. Permainan, di mana penerima didik dilibatkan dalam permainan untuk simulasi suatu kiprah atau topik tertentu.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan metode yang akan dilaksanakan
- Guru menawarkan hukum dalam bermain
- Peserta didik memulai permainan
- Evaluasi dilakukan selama permainan dilakukan
- Permainan diakhiri sesudah sukses ataupun gagal
Metode
6. Pembicara tamu, di mana seorang pakar atau andal dari forum yang berbeda didatangkan sebagai narasumber/pembicara.
Tahapan
- Guru memperkenalkan pembicara tamu dan menjelaskan topik yang akan didiskusikan atau dijelaskan
- Pembicara tamu menyajikan informasi
- Dilakukan tanya jawab, atau hanya merupakan gosip satu arah
- Guru mengecek pemahaman penerima didik (dapat dilakukan pada pertemuan selanjutnya)
Metode
7. Belajar mandiri, di mana penerima didik melaksanakan pembelajaran secara mandiri, contohnya dengan dukungan modul, media interaktif, dan sebagainya
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru menawarkan kiprah pada penerima didik untuk mempelajari bahan mencar ilmu dari modul atau media interaktif
- Peserta didik mempelajari bahan pelajaran yang belum dipahami dan mengecek pemahamannya dengan instrumen yang disediakan
- Evaluasi pembelajaran dilaksanakan oleh guru
Metode
8. Kuliah/ceramah, di mana guru menyajikan bahan pembelajaran secara lisan.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memberikan gosip secara verbal kepada kelompok penerima didik
- Dilakukan tanya-jawab untuk meningkatkan pemahaman penerima didik
- Peserta didik diberi kesempatan untuk mengikuti latihan
- Guru mengecek pemahaman penerima didik
Metode
9. Mentoring, di mana pembelajaran dilaksanakan dengan interaksi individual untuk meningkatkan kepribadian atau profesionalitas, terutama dikala penerima didik menemukan kesulitan.
Tahapan
- Kesepakatan (hubungan/interaksi) antara mentor dan penerima didik
- Mentor membimbing penerima didik dalam menentukan tindakan yang efektif
- Mentor melaksanakan tutorial dengan interaksi individual
Metode
10. Diskusi panel, di mana pelatih bersama dengan pembicara tamu atau pakar menjadi pembicara dalam sebuah diskusi, penerima didik menawarkan respons terhadap topik yang dipaparkan, lalu narasumber menawarkan tanggapan sesuai dengan sudut pandangnya. Dalam hal ini, tidak ada satu tanggapan yang paling benar.
Tahapan
- Instruktur/narasumber memaparkan bahan dalam suatu topik secara bergantian sesuai dengan bidangnya
- Peserta diberi kesempatan bertanya
- Narasumber menawarkan respons/jawaban dari sudut pandangnya
Metode
11. Pembelajaran sobat sejawat, di mana penerima didik mencar ilmu dari penerima atau kelompok lainnya.
Tahapan
- Guru menentukan dan melatih penerima didik yang akan jadi narasumber
- Peserta didik yang telah dilatih, menawarkan training pada penerima lain
- Guru memantau kemajuan mencar ilmu dan menawarkan penguatan
Metode
12. Latihan praktik, di mana penerima didik melaksanakan acara sesuai dengan tujuan pembelajaran dalam kondisi yang dikontrol
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memperlihatkan cara melaksanakan sesuatu tindakan
- Peserta didik diminta melaksanakan kegiatan ibarat yang dilakukan guru sesuai standar yang ditetapkan
- Guru mengecek keterampilan penerima didik
Metode
13. Penelitian, di mana penerima didik melaksanakan penelitian untuk mencapai tujuan pembelajaran
Tahapan
- Guru memberikan tujuan yang ingin dicapai dan rencana penelitian yang akan dilakukan
- Peserta didik melaksanakan penelitian sesuai dengan isyarat dan tujuan yang ingin dicapai
- Guru memantau kegiatan penelitian yang dilakukan
- Guru mengevaluasi pemahaman penerima didik terkait dengan kegiatan yang dilakukan
Metode
14. Bermain peran, di mana berperan/bertindak dalam suatu simulasi insiden yang terjadi di lingkungan.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran
- Guru memaparkan permasalahan
- Pemilihan pemain peran
- Guru dan penerima didik mengatur permainan yang akan dilakukan
- Peserta didik melaksanakan permainan dan diamati penerima didik yang tidak ikut bermain
- Guru melaksanakan penilaian dan membimbing diskusi terkait permasalahan dan permainan yang telah dilakukan
Metode
15. Seminar, di mana penerima didik melaksanakan penyelesaian problem (problem solving) suatu permasalahan tertentu secara berkelompok.
Tahapan
- Guru memberikan tujuan pembelajaran dan topik yang akan dipelajari
- Kelompok penerima didik dibuat untuk menuntaskan permasalahan
- Peserta menyajikan permasalahan
- Anggota kelompok mengemukakan penyelesaian problem dan melaksanakan diskusi untuk menentukan solusi yang paling sesuai
Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta
Download
Baca Juga
Metode Pembelajaran