Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kisi-Kisi Usbn Ips Smp/Mts Kurikulum 2006/Ktsp Tahun 2019 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim berguru pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para penerima didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menuntaskan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya ialah Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan akronim USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya ialah dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, supaya proses berguru yang kita lakukan sanggup lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2006/KTSP Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

Level Kognitif
Lingkup Materi : Bentuk Muka Bumi Gejala Geosfer; Sosialisasi dan Perubahan Sosial; Sosial, Ekonomi, Budaya dan Politik Indonesia; Perekonomian Indonesia dan Kerja Sama Internasional
Pengetahuan dan Pemahaman
  1. Mengidentifikasi
  2. Menjelaskan
  3. Menyebutkan
  4. Mendeskripsikan
Peserta didik bisa memahami dan menguasai:
  • keragaman bentuk muka bumi dengan acara penduduk
  • proses pembentukan muka bumi
  •  gejala atmosfer dan tanda-tanda hidrosfer
  • peta, atlas dan globe
  • Asia Tenggara, negara berkembang, negara maju
  • benua dan samudera 
Peserta didik bisa memahami dan menguasai:
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik bisa memahami:
  • kehidupan sosial, ekonomi, budaya masyarakat dan peninggalan-peninggalan praaksara, masa Hindu-Budha, masa Islam
  • masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya sehabis proklamasi kemerdekaan
Peserta didik bisa memahami dan menguasai tentang:
  • tindakan ekonomi menurut motif dan prinsip ekonomi
  • kegiatan ekonomi dan pelaku ekonomi
  • badan usaha, koperasi, dan pasar
  • gagasan kreatif
  • kelangkaan dan kebutuhan
  • tenaga kerja
  • sistem ekonomi dan pajak
  • permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
  • uang dan forum keuangan
  • perdagangan internasional
Aplikasi
  1. Mengklasifikasi
  2. Menghitung
  3. Menerapkan
  4. Menentukan
  5. Membedakan
  6. Menginterpretasikan
Peserta didik bisa menentukan:
  • keragaman bentuk muka bumi dengan acara penduduk
  • proses pembentukan muka bumi
  • gejala atmosfer dan tanda-tanda hidrosfer
  • peta, atlas dan globe
  • Asia Tenggara, negara berkembang, negara maju
  • benua dan samudera
Peserta didik bisa memilih penyelesaian permasalahan:
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan
Peserta didik bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  • kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa pra-aksara, Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional, persiapan proklamasi hingga proklamasi
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya pasca proklamasi kemerdekaan hingga reformasi 
Peserta didik bisa mengaplikasikan pengetahuan:
  • tindakan ekonomi menurut motif dan prinsip ekonomi
  • kegiatan ekonomi dan pelaku ekonomi
  • badan usaha, koperasi, dan pasar
  • gagasan kreatif
  • kelangkaan dan kebutuhan
  • tenaga kerja
  • sistem ekonomi dan pajak
  • permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
  • uang dan forum keuangan
  • perdagangan internasional
Penalaran
  1. Menganalisis
  2. Memprediksi
  3. Membuktikan
  4. Membandingkan
  5. Menyimpulkan
  6. Mengevaluasi
Peserta didik bisa menganalisis tentang:
  • keragaman bentuk muka bumi dengan acara penduduk
  • proses pembentukan muka bumi
  • gejala atmosfer dan tanda-tanda hidrosfer
  • peta, atlas dan globe
  • Asia Tenggara, negara berkembang, negara maju
  • benua dan samudera
Peserta didik bisa menganalisis tentang:
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan
Peserta didik bisa memakai logika dalam mengkaji:
  • kehidupan sosial, ekonomi, budaya, dan politik masa praaksara, masa Hindu-Budha, Islam, kolonialisme, dan pergerakan nasional
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya pasca proklamasi kemerdekaan hingga reformasi
Peserta didik bisa memakai logika dalam mengkaji tentang:
  • kegiatan ekonomi dan pelaku ekonomi
  • badan usaha, koperasi, dan pasar
  • gagasan kreatif
  • kelangkaan dan kebutuhan
  • tenaga kerja
  • sistem ekonomi dan pajak
  • permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar
  • uang dan forum keuangan
  • perdagangan internasional
Untuk mendapat file kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs K-2006/KTSP selengkapnya, silahkan bisa dilihat dan di unduh melalui tampilan berikut ini:



Atau bisa juga klik DISINI.
Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Sumber https://pabaiq.blogspot.com/