Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kisi-Kisi Usbn Ips Smp/Mts Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim berguru pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para penerima didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menuntaskan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan akronim USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya yaitu dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, semoga proses berguru yang kita lakukan sanggup lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

Level Kognitif 
Lingkup Materi : Keruangan dan Konektivitas; Lembaga Sosial dan Dinamika Sosial; Perkembangan Sosial, Ekonomi, Budaya dan Politik Indonesia; Perekonomian Indonesia dan Internasional
Pengetahuan dan Pemahaman
  1. Mengidentifikasi
  2. Menjelaskan
  3. Menyebutkan
  4. Mendeskripsikan
  5. Menunjukkan
Peserta didik sanggup mendeskripsikan wacana :
  • aspek keruangan
  • aspek konektivitas antarruang dan waktu
  • aspek regional: (letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis)
  • aktivitas manusia, bentuk muka bumi, peta, iklim, Asia Tenggara, negara maju/berkembang)
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • keragaman sosial dan budaya
  • lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan
  • fungsi dan tugas forum sosial
  • kehidupan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat dan peninggalan-peninggalan masyarakat pra-aksara, masa Hindu-Buddha, Islam, masa kolonialisme, masa pergerakan nasional, dan proklamasi
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, dan budaya sesudah proklamasi kemerdekaan
  • kelangkaan, kebutuhan manusia, motif, prinsip dalam tindakan ekonomi
  • pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian
  • permintaan, penawaran, harga, dan pasar
  • IPTEK dalam kegiatan perekonomian
  • kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
  • perdagangan antardaerah, antarpulau dan perdagangan internasional
  • ekonomi bahari dan agrikultur di Indonesia
  • redistribusi pendapatan Nasional
  • pengembangan ekonomi kreatif
  • pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi
  • persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi
  • pasar bebas
Aplikasi
  1. Mengklasifikasi
  2. Menghitung
  3. Menyelesaikan
  4. Menerapkan
  5. Menentukan
  6. Membedakan
  7. Menginterpretasi
Peserta didik sanggup menerapkan tentang:
  • aspek keruangan
  • konektivitas antar ruang dan waktu
  • aspek nasional (letak Indonesia, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis
  • aktivitas manusia, bentuk muka bumi, peta, iklim, Asia Tenggara, negara maju/berkembang).
Peserta didik sanggup menerapkan tentang:
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • lingkungan hidup pembangunan berkelanjutan Peserta didik bisa mengaplikasikan pengetahuan dan pemahaman tentang:
  • kehidupan sosial, ekonomi, budaya, politik masa praaksara, Hindu-Buddha, Islam, masa kolonialisme, liberalisme, masa pergerakan nasional, dan proklamasi kemerdekaan Indonesia
  • kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya sesudah proklamasi kemerdekaan 
  • kelangkaan, kebutuhan manusia, motif, prinsip dalam tindakan ekonomi
  • pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian
  • permintaan, penawaran, harga, dan pasar
  • IPTEK dalam kegiatan perekonomian
  • kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
  • perdagangan antardaerah, antarpulau dan perdagangan internasional
  • ekonomi bahari dan agrikultur di Indonesia
  • redistribusi pendapatan Nasional
  • pengembangan ekonomi kreatif
  • pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi
  • persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi
  • pasar bebas
Penalaran
  1. Menganalisis
  2. Memprediksi
  3. Membuktikan
  4. Membandingkan
  5. Menyimpulkan
  6. Mengevaluasi
Peserta didik bisa mengkaji tentang:
  • aspek keruangan
  • aspek konektivitas antarruang waktu
  • aspek regional: (letak Indonesia, geologis, pengelolaan sumberdaya alam, kondisi geografis)
  • aktivitas manusia, bentuk muka bumi, peta, iklim, Asia Tenggara, negara maju/berkembang).
  • penduduk
  • proses sosial
  • bentuk-bentuk interaksi sosial
  • perubahan sosial
  • penyimpangan sosial
  • lingkungan hidup
  • pembangunan berkelanjutan
  • masa kolonialisme, dan liberalisme masa pergerakan nasional
  • persiapan proklamasi kemerdekaan Indonesia, kehidupan sosial, ekonomi, politik, budaya sesudah proklamasi kemerdekaan
  • pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian
  • permintaan, penawaran, harga, dan pasar
  • IPTEK dalam kegiatan perekonomian
  • kewirausahaan dalam membangun ekonomi Indonesia
  • perdagangan antardaerah, antarpulau dan perdagangan internasional
  • ekonomi bahari dan agrikultur di Indonesia
  • redistribusi pendapatan nasional
  • pengembangan ekonomi kreatif
  • pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi
  • persaingan sebagai peluang untuk meraih keunggulan ekonomi
  • pasar bebas
Untuk mendapat Kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2019 selengkapnya, silahkan bisa di lihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:


Demikian ulasan wacana Kisi-kisi USBN IPS SMP/MTs Kuriklum 2013 Tahun 2019, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:






Sumber https://pabaiq.blogspot.com/