Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Latihan Usbn Bahasa Indonesia Paket 2 2019/2020


Dalam rangka mengasah kesanggupan siswa kelas 6 untuk menghadapi USBN maka kami menyajikan latihan soal USBN mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kisi-kisi USBN yang berlaku. Soal-soal tersebut tidak lengkap rasanya kalau tidak ada kunci balasan dan pembahasan Bahasa Indonesia paket 2.





Pada halaman ini kita akan melakukan pembahasan Bahasa Indonesia paket 2 yang berisikan 40 soal pilihan ganda dan 5 soal uraian. Soal dari pembahasan pada halaman ini dapat diunduh pada halaman latihan soal cobaan nasional (USBN) jenjang SD Bahasa paket 2.





Pembahasan Bahasa Indonesia Paket 2





Pembahasan akan dibagi menjadi 5 kalangan. Kelompok pertama 1 sampai 10, kelompok kedua 11 sampai 20, golongan ketiga 21 sampai 30. Kelompok ketiga 31 sampai 40, dan terakhir golongan keempat 41-45 yang merupakan soal uraian. Berikut ini pembahasan Bahasa Indonesia paket 2 secara lengkap.





Pembahasan 1 hingga dengan 10





  1. Makna kata indikasi pada paragraf tersebut yaitu tanda-tanda atau petunjuk.
    (A)

  2. Sinonim (persamaan arti kata) dari kata surya pada kalimat tersebut adalah matahari.
    (B)

  3. Informasi yang terdapat dalam teks tersebut ialah belajar di luar kelas berguna banyak bagi kemajuan siswa.
    (C)

  4. Kalimat utama terdapat pada final paragraf ditandai dengan kata kesimpulan ‘memang’.
    (D)

  5. Ide pokok paragraf tersebut ialah kebakaran hutan banyak terjadi di Indonesia.
    (D)

  6. Isi paragraf tersebut ialah Nadia adalah anak yang rajin dalam mencar ilmu.
    (A)

  7. Pernyataan yang tepat dengan isi paragraf tersebut yaitu bersepeda itu tidak sukar dan tidak banyak membutuhkan ongkos.
    (C)

  8. Jenis paragraf yang didalamnya terdapat tokoh ialah paragraf narasi.
    (B)

  9. Hal yang akan terjadi jika selokan tidak dibersihkan pada saat trend penghujan tiba adalah air selokan tidak akan mengalir alasannya adalah tersumbat sampah dan lumpur.
    (A)

  10. Persamaan kedua teks tersebut ialah perjuangan yang mesti dijalankan.
    (D)




Pembahasan 11 hingga dengan 20





  1. Harga pucuk merah besar 15.000 + 10.000 = 25.000
    Harga krokot 10.000 x 1/2 = 5.000
    (B)

  2. Paman Kura-kura bersedih alasannya ingin melayang dan menyaksikan pemandangan dari atas.
    (D)

  3. Tokoh protagonis dalam kisah tersebut adalah sang Burung.
    (B)

  4. Latar waktu pada dongeng tersebut adalah pagi hari.
    (A)

  5. Watak Paman Kura-kura yakni gegabah.
    (D)

  6. Makna adi bintang adalah pemain andalan.
    (A)

  7. Kesimpulan paragraf tersebut adalah kondisi Siti telah mulai sembuh.
    (B)

  8. Konflik permulaan dalam dongeng adalah Rima tidak mampu ikut kerja kelompok.
    (C)

  9. Amanat cerita tersebut adalah kita mesti memahami kondisi sobat.
    (D)

  10. Tema cerita tersebut yaitu persahabatan.
    (A)




Pembahasan 21 sampai dengan 30





  1. Peristiwa yang mau terjadi bila Bebek tidak membangunkan Angsa yakni Angsa mati diterkam Musang.
    (B)

  2. Nilai sopan santun konkret dari cerita tersebut adalah membalas keburukan dengan kebaikan.
    (D)

  3. Keteladanan tokoh Bebek dalam kisah tersebut yaitu sudi menolong walau telah diejek.
    (C)

  4. Kata yang sempurna untuk melengkapi kalimat tersebut adalah menemukan.
    (A)

  5. kaki tangan: anak buah
    tangan acuh taacuh: selalu membawa hasil
    Ringan tangan: suka membantu
    tangan terbuka: diterima dengan bahagia hati
    Baca juga kumpulan istilah yang sering muncul dalam ujian.
    (B)

  6. telur di ujung tanduk: kondisi yang sangat berbahaya
    jatuh diimpit tangga: ditimpa kesukaran berturut-turut
    layar menimpa tiang: kawan yang menjadi lawan
    takut bayang-bayang: perasaan takut tanpa alasan
    (B)

  7. Susunan isyarat pengerjaan salad buah yang tepat yaitu 3 – 1 – 2 – 5 – 4 – 6.
    (C)

  8. Urutan petunjuk penggunaan kamera yang sempurna adalah 5 – 3 – 4 – 1 – 2 – 6.
    (C)

  9. Kalimat yang tepat untuk melengkapi laporan tersebut yaitu seluruh siswa memperhatikan makanan yang dijual.
    (D)

  10. Kalimat yang tepat untuk melengkapi iklan tersebut yakni gunakan sabun saat basuh tangan.
    (C)




Pembahasan 31 sampai dengan 40





  1. Kalimat yang tepat untuk melengkapi pidato tersebut yaitu ‘Oleh alasannya itu, isilah piknik dengan hal-hal yang berfaedah!’
    (D)

  2. Kata bentukan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yaitu dikembangbiakkan.
    (D)

  3. Perbaikan perumpamaan yang bercetak miring pada kalimat tersebut ialah produktivitas.
    (A)

  4. Sebelum dimulai, akseptor lomba pidato mendapat pengarahan dari panitia.
    (D)

  5. Penulisan kata baku yang tidak sempurna pada paragraf tersebut yakni celcius, seharusnya celsius.
    (B)

  6. Kesalahan penggunaan tanda baca pada kalimat tersebut yakni tanda seru (!), tanda koma (,), dan tanda tanya (?)
    “Mengapa buku-buku ini kamu sobek, Rin? Buku ini harganya mahal.” kata Neni.
    (C)

  7. Pada hari Sabtu, siswa SD Mandiri melakukan karyawisata ke Museum Purbakala Sangiran
    (A)

  8. Penulisan tanda baca yang tepat pada paragraf tersebut yakni (,), (:), (,), (-)
    (D)

  9. Saat berwisata ke suaka margasatwa, Doni berswafoto dengan orang utan.
    (A)

  10. “Ris, nilaimu tepat. Bantulah aku dalam mencar ilmu matematika!” kata Salma.
    (B)




Pembahasan 41 sampai dengan 45





  1. Tokoh-tokoh dalam dongeng tersebut ialah Cici, Caki, Kuri, dan Mumut.

  2. Kesalahan penggunaan kata baku pada paragraf tersebut yaitu specialis, mengantri, apotik, dan aktifitas.

  3. Urutan isyarat cara menanak nasi dengan rice cooker:
    (4) Cuci beras dalam panci rice cooker hingga higienis.
    (2) Tuangkan air setinggi 1-2 ruas jari dari beras yang sudah dicuci.
    (5) Masukkan panci dalam rice cooker.
    (6) Tekan tombol cook pada rice cooker.
    (1) Tunggu nyala lampu berpindah dari cook ke warm.
    (3) Nasi yang telah matang siap untuk dicicipi.

  4. Korban menjadikan jiwa maupun harta peristiwa tersebut.
    menjadi
    Bencana tersebut menyebabkan korban jiwa maupun harta.

  5. Perbaikan penggunaan tanda baca antara lain:
    Bu Ani berkata, “Fin, tolong antarkan kudapan manis ini ke kawasan Bu Siti ya, Nak!”
    “Baik, Bu, akan segera saya antar ke tempat Bu Siti.” kata Finta.