Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Perangkat Pembelajaran Ipa Smp/Mts Kelas 7 Semester 1 Dan 2 Kurikulum 2013

Bismillah

Sahabat baiq yang berbahagia. Selain mengajar, seorang guru dituntut harus berilmu menciptakan acara pembelajaran dalam bentuk manajemen mengajar atau perangkat mengajar. Administrasi mengajar merupakan salah satu pola bagi seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran nantinya. Memang kadang bagi sebagian guru atau sebagian besar bahkan, menciptakan manajemen mengajar/perangkat pembelajaran merupakan salah satu beban tahunan yang kadangkala sangat berat untuk dikerjakan. Hal ini dapat jadi disebabkan lantaran memang tuntutan manajemen bagi seorang guru sangat luar biasa. Namun apa hendak dikata itulah pilihan profesi. Jadi, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, hal tersebut tetap harus dikerjakan dengan sukacita, sukaria, bahagia, dan bergembira, sebagai salah satu wujud dari seorang guru profesional.


OK, tidak usah berlama-lama lagi, jikalau anda seorang guru IPA SMP/MTs kelas 7 yang sedang melaksanakan pencarian Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013, maka proses pencarian anda dapat tidak boleh pada blog ini.
Berikut ini yakni cuplikan RPP IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1, sebagai citra perangkat pembelajaran yang akan anda download.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama ...........................
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam 
Kleas/Semester : VII/1
Topik : Objek IPA dan Pengamatannya 
Sub Topik : Objek IPA dan Pengamatan
Pertemuan : Ke 1
Alokasi waktu : 3 x 40 menit (1 kali tatap muka)

A. KOMPETENSI INTI 
  • KI 1 :Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya
  • KI 2 : Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
  • KI 3 : Memahami pengetahuan (factual, konseptual, dan procedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan insiden tampak mata.
  • KI 4 : Mencoba, mengolah, dan menyaji  dalam ranah kasatmata (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah aneh (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. KOMPETENSI DASAR
  • 1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan wacana aspek fisik dan kimia, kehidupan dan ekosistem, dan peranan insan dalam lingkungan serta mewujudkannya dalam pengalaman aliran agama yang dianut.
  • 2.1 Mewujudkan prilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti;cermat; tekun; hati-hati; bertanggung jawab; terbuka; kritis; kreatif; inovatif dan peduli lingkungan) dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melaksanakan pengamatan, percobaan, dan berdiskusi.
  • 2.2 Menghargai kerja individu dan kelompok dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percobaan 
  • 2.3 Menunjukkan sikap bijaksana dan bertanggungjawab dalam acara sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam menentukan penggunaan alat dan materi untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan
  • 2.4 Mewujudkan penghargaan ke[ada oranglain dalam acara sehari-harisebagai wujud implementasi melaksanakan percobaan dan melaporkan hasil percoaan.
  • 3.1 Memahami konsep pengukuran aneka macam besaran yang ada pada diri, mahluk hidup, dan lingkungan fisik sekiar sabagai penggalan dari observasi, serta pentingnya perumusan satuan standar (baku) dalam pengukuran.
  • 4.1 Menyajikan hasil pengukuran terhadap besaran-besaran pada diri, mahluk hidup, dan lingkungan fisik dengan memakai satuan tak baku dan satuan baku.
C. INDIKATOR
  • Menunjukkan ketekunan, tanggungjawab, saling menghargai dalam kegiatan berguru dan bekerja baik secara individu maupun berkelompok
  • Memiliki rasa ingin tahu, teliti, dan peduli lingkungan melalui diskusi, kerja kelompok, dan melaksanakan praktikum pengukuran besaran pokok
  • Menyebutkan objek yang dipelajari dalam IPA
  • Menjelaskan kegunaan mempelajari IPA
  • Menyajikan hasil pengamatan, inferensi dan mengkomunikasikan hasil
  • Terampil dalam melaksanakan suatu kegiatan dalam proses berguru mengajar
  • Menjelaskan 3 komponen keterampilan proses mencakup : pengamatan, inferensi dan komunikasi
Dan untuk mendapat Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 kurikulum 2013 secara lebih lengkapnya, silahkan dapat di download melalui link di bawah ini:
  1. Download Silabus Semester 1 [ DISINI ]
  2. Download Silabus Semester 2 [ DISINI ]
  3. Download RPP Semester 1 [ DISINI ]
  4. Download RPP Semester 2 [ DISINI ]
  5. Download Aanalisis Keterkaitan SKL, KI & KD [ DISINI ]
  6. Download KI dan KD [ DISINI ]
  7. Download Program Tahunan [ DISINI ]
  8. Download Program semester  [ DISINI ]
Demikian postingan kali ini, yaitu wacana Perangkat Pembelajaran IPA SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Terimakasih sudah berkunjung, dan biar bermanfaat.

_____________________________________________________________
Baca juga :
_____________________________________________________________




Sumber https://pabaiq.blogspot.com/