Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Perangkat Pembelajaran B. Sunda Smp/Mts Kelas 7 Semester 1 Dan 2 Kurikulum 2013

Bismillah

Sahabat baiq yang berbahagia. Selain mengajar, seorang guru dituntut harus bakir menciptakan jadwal pembelajaran dalam bentuk manajemen mengajar atau perangkat mengajar. Administrasi mengajar merupakan salah satu pola bagi seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran nantinya. Memang kadang bagi sebagian guru atau sebagian besar bahkan, menciptakan manajemen mengajar/perangkat pembelajaran merupakan salah satu beban tahunan yang kadangkala sangat berat untuk dikerjakan. Hal ini dapat jadi disebabkan lantaran memang tuntutan manajemen bagi seorang guru sangat luar biasa. Namun apa hendak dikata itulah pilihan profesi. Jadi, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, hal tersebut tetap harus dikerjakan dengan sukacita, sukaria, bahagia, dan bergembira, sebagai salah satu wujud dari seorang guru profesional.


OK, tidak usah berlama-lama lagi, bila anda seorang guru Bahasa Sunda SMP/MTs kelas 7 yang sedang melaksanakan pencarian Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013, maka proses pencarian anda dapat tidak boleh pada blog ini.
Berikut ini ialah cuplikan RPP Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2, sebagai citra perangkat pembelajaran yang akan anda download.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : Sekolah Menengah Pertama ..................................
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/ Semester : VII/1
Materi Pokok : Paguneman
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (4 X Pertemuan)

A. Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati pemikiran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin,  gotong royong, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
  3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah ajaib (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami dan memperkenalkan diri, berpamitan, meminta mengidentifikasi kaidah, bentuk, struktur teks, dan aspek kebahasaan paguneman wacana menyapa, izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
3.1.1 Menjelaskan pengertian paguneman.
3.1.2 Menjelaskan kaidah-kaidah paguneman.
3.1.3 Membedakan bentuk paguneman wacana menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
3.1.4 Mengidentifikasi struktur téks paguneman wacana menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
3.1.5 Mengidentifikasi isi paguneman wacana menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.
3.1.6 Menjelaskan tatakrama basa Sunda.
3.1.7 Membedakan kandaga kecap loma jeung lemes dalam kaidah tatakrama basa Sunda.
3.1.8 Mengidentifikasi tatakrama basa dalam paguneman wacana menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan, memintai izin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf.

4.1 Menyusun dan mendemontrasikan teks paguneman wacana menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan, memintaizin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf serta menanggapinya dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.1 Menyusun teks  paguneman wacana menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan, memintaizin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikan  fungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.2 Memperagakan teks  paguneman wacana menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan, memintaizin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikanfungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.1.3 Menanggapi peragaan teks paguneman wacana menyapa, memperkenalkan diri, berpamitan, memintaizin, mengucapkan terima kasih, dan meminta maaf dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks dan aspek kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.

Dan untuk mendapat Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 7 kurikulum 2013 secara lebih lengkapnya, silahkan dapat di download melalui link di bawah ini:
Download Silabus [ DISINI ]
Download RPP 1 [ DISINI ]
Download RPP 2 [ DISINI ]
Download RPP 3 [ DISINI ]
Download RPP 4 [ DISINI ]
Download RPP 5 [ DISINI ]
Download RPP 6 [ DISINI ]
Download RPP 7 [ DISINI ]
Download RPP 8 [ DISINI ]
Download SKL [ DISINI ], dan KI & KD [ DISINI ]
Download Program Tahunan [ DISINI ]
Download Program semester  [ DISINI ]

Demikian postingan kali ini, yaitu wacana Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 7 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Terimakasih sudah berkunjung, dan agar bermanfaat.
_____________________________________________________________
Baca juga :
_____________________________________________________________




Sumber https://pabaiq.blogspot.com/