Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda Smp/Mts Kelas 9 Semester 1 Dan 2 Kurikulum 2013

Bismillah

Sahabat baiq yang berbahagia. Selain mengajar, seorang guru dituntut harus pandai menciptakan aktivitas pembelajaran dalam bentuk manajemen mengajar atau perangkat mengajar. Administrasi mengajar merupakan salah satu pola bagi seorang guru dalam melaksanakan proses pembelajaran nantinya. Memang kadang bagi sebagian guru atau sebagian besar bahkan, menciptakan manajemen mengajar/perangkat pembelajaran merupakan salah satu beban tahunan yang kadangkala sangat berat untuk dikerjakan. Hal ini sanggup jadi disebabkan lantaran memang tuntutan manajemen bagi seorang guru sangat luar biasa. Namun apa hendak dikata itulah pilihan profesi. Jadi, suka atau tidak suka, mau atau tidak mau, hal tersebut tetap harus dikerjakan dengan sukacita, sukaria, bahagia, dan bergembira, sebagai salah satu wujud dari seorang guru profesional.



OK, tidak usah berlama-lama lagi, jikalau anda seorang guru Bahasa Sunda SMP/MTs kelas 9 (sembilan) yang sedang melaksanakan pencarian Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2 kurikulum 2013, maka proses pencarian anda sanggup tidak boleh pada blog ini.
Berikut ini yaitu cuplikan RPP Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2, sebagai citra perangkat pembelajaran yang akan anda download.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama Sekolah : SMP........................
Mata Pelajaran : Bahasa dan Sastra Sunda
Kelas/Semester : IX/1
Materi Pokok : Biantara
Alokasi Waktu : 8 Jam Pelajaran (4 kali pertemuan)

A. Kompetensi Inti
  1. Menghargai dan menghayati aliran agama yang dianutnya.
  2. Menghargai dan menghayati sikap jujur, disiplin,  gotong royong, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan daerah regional.
  3. Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) menurut rasa ingin tahunya wacana ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
  4. Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abnormal (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi
3.1 Memahami dan mengidentifikasi teks biantara dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan aspek  kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
3.1.1 Mengidentifikasi struktur teks biantara.
3.1.2 Menyimpulkan isi teks biantara.
3.1.3 Mengidentifikasi fungsi sosial biantara dengan komprehensif.
3.1.4 Mengidentifikasi Sora Suprasegmental.

4.1 Menyajikan teks biantara dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks.
4.1.1 Menyusun teks biantara.
4.1.2 Mendemonstrasikan biantara dengan memperhatikan lisan dan lagu kalimat (lentong) yang baik.
4.1.3 Menanggapi peragaan biantara sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

Nilai Karakter: 
Gotong Royong, Rasa Ingin Tahu, Peduli Sosial, Integritas, Bersahabat, Toleransi, Cinta Tanah Air, Gemar Membaca

C. Tujuan Pembelajaran  

Pertemuan Pertama
Melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab, secara bergotong royong dan berintegritas, penerima didik dapat:
  1. mengidentifikasi struktur teks biantara dengan benar;
  2. menyimpulkan isi teks biantara dengan tepat; dan
  3. mengidentifikasi fungsi sosial biantara dengan komprehensif.
Pertemuan Kedua
Melalui ceramah, diskusi, dan tanya jawab, secara berintegritas dan penuh semangat, penerima didik sanggup mengidentifikasi sora supraségméntaldalam kegiatan berbicara dengan benar.

Pertemuan Ketiga
Melalui unjuk kerja, secara berintegritas dan penuh semangat, penerima didik sanggup menyusun teks biantara dengan kreatif;

Pertemuan Keempat
Melalui penugasan dan unjuk kerja, penerima didik dapat:
  1. mendemonstrasikan biantara dengan memperhatikan lisan dan lagu kalimat (lentong) yang baik; dan
  2. menanggapi peragaan biantara sesuai dengan kaidah-kaidahnya.

Dan untuk mendapat Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 semester 1 dan 2 kurikulum 2013 secara lebih lengkapnya, silahkan sanggup di download melalui link di bawah ini:
Download Silabus [ DISINI ]
Download RPP 1 [ DISINI ]
Download RPP 2 [ DISINI ]
Download RPP 3 [ DISINI ]
Download RPP 4 [ DISINI ]
Download RPP 5 [ DISINI ]
Download SKL [ DISINI ]
Download KI & KD [ DISINI ]
Download Program Tahunan [ DISINI ]
Download Program semester  [ DISINI ]

Demikian postingan kali ini, yaitu wacana Perangkat Pembelajaran Bahasa Sunda SMP/MTs Kelas 9 Semester 1 dan 2 Kurikulum 2013. Terimakasih sudah berkunjung, dan supaya bermanfaat.
_____________________________________________________________
Baca juga :
_____________________________________________________________




Sumber https://pabaiq.blogspot.com/