Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Latihan Usbn Bahasa Indonesia Paket 4 2019/2020


Dalam rangka mengasah kemampuan siswa kelas 6 untuk menghadapi USBN maka kami menyuguhkan latihan soal USBN mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kisi-kisi USBN yang berlaku. Soal-soal tersebut tidak lengkap rasanya jikalau tidak ada kunci balasan dan pembahasan Bahasa Indonesia paket 4.





Pada halaman ini kita akan melakukan pembahasan Bahasa Indonesia paket 4 yang berisikan 50 soal opsi ganda. Soal dari pembahasan pada halaman ini mampu diunduh pada halaman latihan soal cobaan nasional (USBN) jenjang SD Bahasa Indonesia paket 4.





Pembahasan Bahasa Indonesia Paket 4





Pembahasan 1 hingga dengan 10





  1. Makna hortikultura pada paragraf tersebut yaitu seni bercocok tanam sayur-sayuran, buah-buahan, atau tumbuhan hias.
    (C)

  2. Antonim kata cemas yakni hening.
    (B)

  3. Pemerintah tempat berupaya memopulerkan kembali permainan tradisional alasannya mampu berbagi kesanggupan motorik, bersosialisasi, kreativitas, dan emosional anak.
    (D)

  4. Berdasarkan peta tersebut, letak Pantai Parangtritis berada di Kabupaten Bantul.
    (C)

  5. Kalimat utama terdapat pada permulaan paragraf.
    (A)

  6. Ide pokok paragraf tersebut terletak pada kalimat utama ialah banyak sekali manfaat hutan lindung.
    (A)

  7. Ringkasan paragraf tersebut adalah kelapa dapat digunakan untuk menciptakan minuman segar, santan, arang, dan materi bakar.
    (C)

  8. Letak Kabupaten Bantul berdasarkan peta berada pada nomor 2.
    (B)

  9. Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf tersebut adalah Pendapatan penduduk diharapkan berkembangdengan adanya kebun bibit.
    (C)

  10. Jenis paragraf yang didalamnya terdapat undangan ialah paragraf persuasi.
    (D)




Pembahasan 11 hingga dengan 20





  1. Hal yang akan terjadi bila kebersihan kelas tidak terjaga ialah siswa tidak nyaman dalam berguru.
    (B)

  2. Persamaan isi kedua teks tersebut yakni tujuan rekreasi.
    (C)

  3. Harga yang tepat untuk mengisi tabel menurut bacaan yaitu Rp110.000, Rp127.500, Rp27.500.
    (D)

  4. Sinonim dari kata asumsi adalah pikiran.
    (B)

  5. Jawaban dari pertanyaan tersebut terdapat pada kalimat terakhir.
    (A)

  6. Cara menarik anak-anak supaya gemar ke kantor pos dengan mengundang anak-anak untuk mengikuti aneka macam kontes.
    (D)

  7. Latar tempat dalam kisah tersebut yaitu perpustakaan.
    (B)

  8. Watak kura-kura dalam dongeng tersebut yakni sabar.
    (B)

  9. Makna kata burung beo ialah arif merayu dengan kata-kata.
    (A)

  10. Akhir dongeng tersebut yaitu bangau berterima kasih kepada kucing karena telah diberi sup.
    (A)




Pembahasan 21 hingga dengan 30





  1. Amanat dongeng tersebut ialah kita harus berprasangka baik kepada orang lain.
    (C)

  2. Maksud pernyataan dalam belahan cerita ialah bebek ingin semoga buaya melepaskannya.
    (D)

  3. Kesimpulan dari dongeng tersebut yaitu Rino menjangkau kesuksesan sebab kebaikan dan kerja kerasnya.
    (A)

  4. Prediksi yang mungkin terjadi jikalau buaya tidak mau menuruti perintah kancil yaitu buaya tidak akan tertipu.
    (D)

  5. Nilai adab aktual tokoh Seruni ialah mempunyai semangat untuk hidup lebih baik lagi.
    (B)

  6. Keteladanan tokoh Beni yaitu sungguh sayang pada adiknya.
    (A)

  7. Tokoh utama dalam dongeng adalah Santi.
    (D)

  8. Tema dongeng tersebut yakni kesehatan.
    (B)

  9. Ungkapan yang tepat untuk melengkapi kalimat tersebut yakni ringan tangan.
    (C)

  10. Peribahasa yang sempurna yaitu air dicencang tiada putus.
    (B)




Pembahasan 31 hingga dengan 40





  1. Urutan penggunaan pensil mekanik yaitu 2 – 5 – 1 – 3 – 6 – 4.
    (C)

  2. Kalimat yang sempurna untuk melengkapi laporan tersebut yaitu tujuan supaya wayang-wayang tersebut tidak lembab dan berjamur.
    (A)

  3. Kalimat untuk melengkapi iklan adalah mari tanam sejuta pohon!
    (D)

  4. Kalimat untuk melengkapi pidato tersebut yaitu mari, kita persiapan bersama masalah perundungan biar tidak terjadi lagi!
    (D)

  5. Urutan kalimat biar menjadi paragraf padu ialah 2 – 1 – 4 – 3.
    (B)

  6. Kata bentukan yang diberi awalan dan akhiran maka penulisannya dirangkai
    (B)

  7. Tata kalimat yang tepat ialah kontes permainan tradisional memperebutkan Piala Bupati Bantul bermaksud untuk melatih huruf anak.
    (D)

  8. menaiki > menumpang
    memboncong > mengendarai
    (B)

  9. Paragraf deskripsi harus merefleksikan apa yang ada pada gambar.
    (D)

  10. Paragraf deskripsi mesti merefleksikan apa yang ada pada gambar.
    (D)




Pembahasan 41 hingga dengan 50





  1. Urutan pengerjaan getuk singkong yakni 4 – 3 – 5 – 2 – 6 – 1
    (A)

  2. Perbaikan kesalahan penggunaan ungkapan pada paragraf tersebut adalah mitigasi, evakuasi, mobilisasi.
    (C)

  3. Susunan paragraf tersebut yaitu 4 – 1 – 2 – 3 – 6 – 5
    (C)

  4. Bukti pembayaran ialah kuitansi
    (D)

  5. Penggunaan kata yang salah pada paragraf tersebut yakni kangker dan dzat
    (A)

  6. Tanda baca yang sempurna ialah (,), (!), (!)
    (B)

  7. Kalimat yang tepat adalah Surya berwisata ke Pantai Kukup pada hari Sabtu minggu pertama.
    (A)

  8. Perbaikan kesalahan pada kalimat tersebut ialah kariernya, lempar lembing, dan pemanis.
    (A)

  9. Penulisan tanda baca yang tepat yakni
    “Amboi, indah sekali bunga-bunga ini, Ema!” kata Ani dengan muka riang.
    (D)

  10. Perbaikan karakter kapital pada kalimat tersebut yakni
    Ibu membeli gula jawa, pempek Palembang, lumpia Semarang, dan jeruk bali.
    (C)