Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan

Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan
Surat menjadi sebuah benda yang sangat penting sebagaimana fungsinya. Hal ini sangat berlaku untuk berbagai surat penting. Surat-surat penting biasanya berkenaan langsung dengan surat resmi. salah satu surat resmi yang biasanya banyak dibutuhkan adalah surat keterangan penghasilan. Surat ini banyak digunakan oleh seseorang yang memiliki penghasilan untuk melengkapi sebuah persyaratan dalam hal peminjaman uang, pembelian rumah secara KPR, untuk keperluan anak sekolah, dan berbagai hal lainnya.

Surat keterangan penghasilan adalah surat resmi yang dibuat dengan tujuan untuk menerangkan rincian atau jumlah gaji ataupun penghasilan seseorang. Surat ini juga biasanya dibuat oleh sekretaris atau pekerja bagian keuangan jika yang bersangkutan bekerja pada sebuah perusahaan. Seperti yang sudah dijelaskan tadi, jadi surat ini berisikan rincian secara jelas tentang penghasilan seseorang.

Dalam pembuatannya, surat ini memiliki berbagai macam bentuk atau format sesuai dengan tempat seseorang berkerja. Misalnya surat keterangan penghasilan karyawan untuk seseorang yang bekerja sebagai karyawan sebuah perusahaan. Dan surat keterangan penghasilan wiraswasta untuk seseorang yang bekerja sebagai wiraswasta. Jadi pembuatannya sendiri sebisa mungkin disesuaikan dengan kebutuhan.

Maka dalam penulisannya, surat ini hendaknya dilakukan dengan terperinci dan sesuai dengan penghasilan yang sebenarnya. Sebenarnya format suratnya sendiri sama dengan surat-surat pada umumnya dan tak terlalu banyak yang berbeda. Yang berbeda hanya terletak pada isi suratnya saja yang menjelaskan tentang rincian penghasilan.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami akan memberikan beberapa contoh surat keterangan penghasilan.

Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan

Contoh 1 (Surat Keterangan Penghasilan Karyawan) :

PT. LAUTAN KARYA PEMUDA
Jl. Anggrek No. 148 Jakarta, Indonesia
======================================================================

Hal : Surat Keterangan Gaji
No. : 018/HRD/08/2017

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama    : Nuraini Kusuma Wati, SE
Jabatan : Manager HRD

Menerangkan dengan sesungguhnya bahwa :

Nama    : Dito Adirahman, SE
Jabatan : Staff Accounting

Sampai saat ini tanggal 01 Agustus 2017 perusahaan kami telah memberikan penghasilan dengan rincian sebagai berikut :

Gaji pokok                      : Rp. 4.150.000,-
Tunjangan Perumahan     : Rp.   500.000,-
Tunjangan Makan            : Rp.   800.000,-
Tunjangan Transportasi   : Rp.   500.000,-
Potongan Asuransi          : Rp.    200.000,-

Sehingga total gaji yang diterimanya adalah sebesar Rp. 5.750.000,- (lima juta tujuh ratus lima puluh ribu rupiah).

Demikian surat keterangan penghasilan, semoga dapat dipergunakan dengan semestinya.

Hormat kami,


Nuraini Kusuma Wati, SE
Manager HRD

Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan Tips Menulis Surat Keterangan Penghasilan

Contoh 2 (Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua) :

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama          : Denis Hadimuwongso
Umur          : 40 Tahun
Pekerjaan   : Karyawan
Alamat       : Jln. Samosir III Palembang, Sumatera Selatan
Adalah orang tua dari :

Nama                      : Berlian Indah Purwanti
Jenis Kelamin         : Perempuan
Tempat Tgl. Lahir  : Palembang, 10 Oktober 2004
Pekerjaan               : Siswa
Alamat                   : Jln. Samosir III Palembang, Sumatera Selatan

Menyatakan bahwa saat ini, saya selaku orang tua yang berpenghasilan sekitar 4.500.000 (empat juta lima ratus ribu rupiah) / bulan.

Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya agar yang berkepentingan maklum adanya.

Yang membuat pernyataan


Denis Hadimuwongso

Nah itulah ulasan kami mengenai surat keterangan penghasilan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di ulasan kami yang selanjutnya ya.


Sumber http://semuacontohsurat.blogspot.com/