Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Bruner

Jerome Bruner* membuatkan teori perkembangan mental, yang mendeskripsikan bahwa terjadinya proses mencar ilmu lebih ditentukan oleh cara mengatur bahan pelajaran. Proses mencar ilmu terjadi melalui tahap-tahap, yaitu: a) manipulasi objek pribadi (enactive); b) representasi gambar (iconic); c) manipulasi simbol (symbolic). Tahap enaktif yakni acara penerima didik untuk memahami lingkungan melalui observasi pribadi terhadap realitas.
Tahap ikonik terjadi ketika penerima didik mengobservasi realitas secara tidak langsung, tetapi melalui sumber sekunder, contohnya melalui gambar-gambar atau tulisan. Tahap simbolik terjadi ketika penerima didik menciptakan abstraksi berupa teori, penafsiran, analisis terhadap realitas yang telah diamati dan dialami. Contoh aplikasi teori Bruner* dalam proses mencar ilmu mengajar adalah:
a. Menentukan tujuan-tujuan instruksional
b. Memilih bahan pelajaran
c. Menentukan topik yang sanggup dipelajari secara induktif oleh penerima didik
d. Mencari contoh, tugas, ilustrasi, dan sebagainya
e. Mengatur topik-topik pembelajaran mulai dari yang nyata ke abstrak, dari yang sederhana ke kompleks, dari tahap enaktif, ikonik ke simbolik
f. Mengevaluasi proses dan hasil belajar

Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Jerome Bruner. Biografi
2. Teori Belajar dari Bruner
3. Jerome Bruner. Empat Tema perihal Pendidikan
4. Jerome Bruner. Model dan Kategori
5. Jerome Bruner. Belajar Sebagai Proses Kognitif
6. Jerome Bruner. Belajar Penemuan