Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Urutan Lampu LAN Tester Pada Kabel Stright dan Cross

Untuk anak SMK khususnya jurusan TKJ pastinya sudah tidak asing lagi dengan LAN tester. LAN Tester ini digunakan untuk mengecek kabel yang kita buat jadi atau tidaknya baik itu kabel stright ataupun kabel cross, tapi saat sudah selesai crimping kabel RJ-45 tentu harus cek dengan LAN tester maka dari itu kita harus tahu urutan lampu nya yaitu sebagai berikut.

Pengecekan lampu pada LAN Tester

 Untuk anak SMK khususnya jurusan TKJ pastinya sudah tidak asing lagi dengan LAN tester Urutan Lampu LAN Tester Pada Kabel Stright dan Cross
Urutan lampu kabel cross

 Untuk anak SMK khususnya jurusan TKJ pastinya sudah tidak asing lagi dengan LAN tester Urutan Lampu LAN Tester Pada Kabel Stright dan Cross
Urutan lampu kabel stright

Silahkan test kabel yang kalian buat menggunakan LAN Tester,

Fungsi kabel Straight adalah digunakan untuk menghubungkan 2 device yang berbeda dan merupakan kabel yang memiliki cara pemasangan yang sama antara ujung satu  dengan ujung yang lainnya. Jika kalian mengecek kabel stright, maka lampu no 1 - 8 harus hidup semua secara berurutan, berikut penjelasannya.

1 -> 1
2 -> 2
3 -> 3
4 -> 4
5 -> 5
6 -> 6
7 -> 7
8 -> 8

Sedangkan fungsi kabel Cross adalah digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama, Susunan kabelnya yang berbeda antara ujung satu dengan ujung yang lainnya. Walaupun jenis kombinasi kabelnya berbeda tapi cross menggunakan kabel yang sama yaitu kabel UTP. Dan jika kalian ingin mengecek kabel cross, urutan lampu nya berbeda dengan urutan lampu kabel stright, maka susunan lampunya sebagai berikut :

1 -> 3
2 -> 6
3 -> 1
4 -> 4
5 -> 5
6 -> 2
7 -> 7
8 -> 8

Untuk anak TKJ kalian di haruskan paham dengan pengkabelan baik itu stright dan cross, sekian dari saya semoga bermanfaat.

Sumber https://andriyansyah7.blogspot.com/