Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serial Tokoh Pendidikan: Rudolf Steiner

Pemaparan perihal anutan Rudolf Steiner oleh Dr. Fahruddin Faiz, MA ini terdiri dari tujuh bab berikut.
1. Rudolf Steiner (2)
2. Rudolf Steiner (3)
3. Rudolf Steiner (4)
4. Rudolf Steiner (5)
5. Rudolf Steiner (6)
6. Rudolf Steiner (7)

Rudolf Steiner
Tokoh Antroposofi
Antroposofi ialah sebuah istilah yang dipakai untuk menandakan pengetahuan perihal manusia. Namun hal ini juga berkaitan dengan aspek pengetahuan yang ingin menjelaskan perihal Tuhan atau yang disebut teosofi. Istilah Antroposofi sendiri berasal dari bahasa Yunani, anthropos dan sophia, yaitu insan dan pengetahuan.


Gagasan ini merupakan sistem filsafat-religius yang dikemukakan oleh Rudolf Steiner (1861-1925). Teori ini sangat dipengaruhi oleh teologi agama Hindu. Sekilas mengenai Steiner, bahwa beliau ialah andal dalam bidang spiritualitas, hidup di India untuk melaksanakan penelitiannya, dan selalu tertarik dengan hidup yang sarat misteri; ia mendalami yoga, karma, Buddhisme dan filsafat Timur di India. Waktu kemunculannya ialah menjelang Perang Dunia I, dan diperkirakan masih hidup di Republik Federal Jerman, Inggris dan juga Amerika Serikat.

Pemikiran Anthrophosophy disebut juga sebagai teori mistis, percampuran religius filosofis yang dipinjam dari anutan neoplatonisme dan Pythagorean, mistisisme, Kabalisme dan filsafat alam Jerman. Teorinya berciri pendewaan terhadap kodrat insan yang mempunyai karsa atau kehendak. Bagi teori ini, kodrat yang ada pada insan hanya dapat disingkap oleh insan yang mempunyai karsa tadi.

Sumber
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas