Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Mengenal Perbedaan Notebook Netbook dan Tablet PC

Sebagian besar sudah paham dengan istilah notebook. Lalu bagaimana dengan netbook, dan tablet PC ? meskipun untuk beberapa fungsi ketiganya memppunyai kesamaan, namun ada beberapa Spesifikasi antar notebook, netbook, dan Tablet PC yang membedakan antara ketiga gadget tersebut. yaitu:

Perbedaan Notebook, Netbook, dan Tablet PC


UKURAN DAN BERAT 

Ukuran menjadi hal yang mendasar untuk membedakan antara Notebook, netbook, dan tablet PC. Tablet PC mempunyai ukuran yang paling kecil di bandingkan notebook, dan netbook. Secara umum, Netbook mempunyai ukuran layar antara 7 sampai 10 inch, Sedangkan Notebook memiliki ukuran layar lebih dari 10 inch, hal ini akan berpengaruh terhadap berat dari masing-masing perangkat gadget tersebut. Netbook memiliki berat kurang dari 1 Kg, Sedangkan Notebook memiliki berat lebih dari 1 kg.

Saya ambil contoh, untuk tablet PC yaitu IPad, dimana IPad memiliki ukuran panjang 24,3 cm dan lebar 19 cm atau lebih kecil sedikit dari kertas ukuran A4, dengan tebal 1,3 cm dan berat 680 gr. Atau merek lokal yaitu Advan dengan ukuran rata-rata 7 inc sampai 10 inch dan masih banyak lagi.



Tampilan Ipad dan advan

HARDWARE

Netbook biasanya menggunakan prosesor intel atom yang hemat daya, Netbook juga dilengkapi dengan RAM mulai dengan kapasitas 512 MB sampai 1 GB. Peralatan yang wajib ada pada netbook adalah WiFi yang bisa di gunakan untuk internet dan berbagi internet. media penyimpanannya menggunakan SSD (Solid State Drive) yang lebih hemat energi dibandingkan dengan hardisk biasa.

Notebook menggunakan prosesor yang lebih kuat di bandingkan dengan netbook, seperti dual core, core2 duo, Turion, atau yang terbaru yaitu Core i1 sampai Core i7. Memori RAM juga lebih besar mulai dari 1 GB sampai 2 GB, sehingga performanya lebih baik di bandingkan netbook.

Tablet PC, prosessor yang di gunakan antara lain Intel, dengan Intel Mobile Prosesor. Dirilis pada 2006 dengan performa napa (Centrio Duo) yang merupakan generasi keempat dari Platform Centrio. DDR3-1600 RAM. Pada tahun anda baca ini, mungkin teknologi yang digunakan akan berbeda dan lebih baik. Karena sampai tulisan ini diterbitkan teknologi yang terbaik adalah yang saya tulis ini.

BATERAI

Salah satu faktor penting bagi sebuah komputer jinjing yang portable adalah menggunakan baterai yang tahan lama dan tangguh, karena berhubungan dengan penggunaanya yang berada di luar ruangan.

Baterai pada Netbook dapat di gunakan lebih lama antara 3 sampai 6 jam, baterai pada Notebook dapat digunakan 4 jam lebih, Namun pada Tablet PC ada yang bertahan 6 sampai 9 jam. Bahkan produsen tablet terkemuka Apple dengan produknya Ipad mengklaim bahwa tabletnya mampu bertahan sampai 10 jam.

PERIPERAL LAIN

Perbedaan lain antara Notebook, Netbook, dan Tablet PC adalah periperal yang dimiliki. Periperal yang ada di Notebook umumnya lebih lengkap dibandingkan dengan netbook dan Tablet PC. Pada Netbook dan Tablet PC tidak dilengkapi dengan optical Drive seperti DVD-RW sehingga jika ingin burning CD atau DVD, harus menggunakan DVD-RW Eksternal yang di colokan melalui USB Port yang disediakan.


Nah, itulah garis besar mengenai perbedaan antara notebook, Netbook, dan Tablet PC yang ada, Semoga dengan membaca artikel ini dapat membantu anda yang hendak membeli gadget-gadget tersebut.

Sumber http://poliskom.blogspot.com/