Kegiatan Semester Mapel Ski Mts
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20... /20...
Kelas : Tujuh (VII)
Semester : 1 ( Satu )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | B U L A N | |||||||||||||||||||||||
Juli | Agustus | September | Oktober | November | Desember | ||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
1. Memahami sejarah kebudayaan Islam | |||||||||||||||||||||||||
1.1. Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam | |||||||||||||||||||||||||
1.2. Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam | |||||||||||||||||||||||||
1.3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam |
2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Mekkah | |||||||||||||||||||||||||
2.1. Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat | |||||||||||||||||||||||||
2.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang | |||||||||||||||||||||||||
2.3. Meneladani usaha Nabi Muhammad dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah |
3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode Madinah | |||||||||||||||||||||||||
3.1. Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui acara ekonomi dan perdagangan | |||||||||||||||||||||||||
3.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui acara ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang | |||||||||||||||||||||||||
3.3. Meneladani semangat usaha Nabi dan para Sahabat di Madinah | |||||||||||||||||||||||||
Mengetahui, ………, ……………, 20…….
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.
PROGRAM SEMESTER
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan ; Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran : 20... /20...
Kelas : Tujuh (VII)
Semester : 2 ( Dua )
Standar Kompetensi/Kompetensi Dasar | Alokasi Waktu | B U L A N | |||||||||||||||||||||||
Januari | Februari | Maret | April | Mei | juni | ||||||||||||||||||||
1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | 1 | 2 | 3 | 4 | ||
4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin | |||||||||||||||||||||||||
4.1. Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin | |||||||||||||||||||||||||
4.2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang | |||||||||||||||||||||||||
4.3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin | |||||||||||||||||||||||||
5. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah | |||||||||||||||||||||||||
5.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah | |||||||||||||||||||||||||
5.2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | |||||||||||||||||||||||||
5.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan kiprahnya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | |||||||||||||||||||||||||
5.4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang |
5.5. Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar bin | |||||||||||||||||||||||||
Mengetahui, ………, ……………, 20…….
Kepala MTs Guru Mapel SKI
………………………….. ……………………………
NIP. NIP.