Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kegiatan Semester Mapel Ski Mts


PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran          :  Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan   ;  Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran        :  20... /20...
Kelas                          :  Tujuh (VII)
Semester                :  1 ( Satu )

Standar Kompetensi/Kompetensi
Dasar
Alokasi
Waktu
B U L A N
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1.    Memahami sejarah kebudayaan Islam
1.1. Menjelaskan pengertian kebudayaan Islam
1.2. Menjelaskan tujuan dan manfaat mempelajari sejarah kebudayaan Islam
1.3. Mengidentifikasi bentuk/wujud kebudayaan Islam




2. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode   Mekkah
2.1. Mendeskripsikan misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat
2.2. Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW sebagai rahmat bagi alam semesta, pembawa kedamaian, kesejahteraan, dan kemajuan masyarakat di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang
2.3.  Meneladani usaha Nabi Muhammad dan para Sahabat dalam menghadapi masyarakat Mekkah  


3. Memahami sejarah Nabi Muhammad SAW periode   Madinah
3.1.  Mendeskripsikan sejarah Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui acara ekonomi dan perdagangan
3.2.  Mengambil ibrah dari misi Nabi Muhammad SAW dalam membangun masyarakat melalui acara ekonomi dan perdagangan di kaitkan dengan perkemba-ngan kondisi sekarang
3.3.  Meneladani semangat usaha Nabi dan para   Sahabat di Madinah



   Mengetahui,                                                                                                                                              ………, ……………, 20…….
               Kepala MTs                                                                                                                                              Guru Mata Pelajaran


            …………………………..                                                                                                                                                                                                                  ……………………………
                                  NIP.                                                                                                                                                                                                               NIP.




PROGRAM SEMESTER

Mata Pelajaran          :   Sejarah Kebudayaan Islam ( SKI )
Satuan Pendidikan   ;   Madrasah Tsanawiyah
Tahun Pelajaran        :   20... /20...
Kelas                          :   Tujuh (VII)
Semester                :   2 ( Dua )

Standar Kompetensi/Kompetensi
Dasar
Alokasi
Waktu
B U L A N
Januari
Februari
Maret
April
Mei
juni
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
4.1. Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
4.2. Mengambil ibrah dari prestasi-prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang
4.3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin
5. Memahami perkembangan Islam pada masa Bani Umaiyah
5.1.  Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah
5.2.  Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
5.3.  Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan kiprahnya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah
5.4. Mengambil ibrah dari perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang


5.5. Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar bin




  Mengetahui,                                                                                                                                              ………, ……………, 20…….
               Kepala MTs                                                                                                                                           Guru Mapel SKI


            …………………………..                                                                                                                                                                                                                     ……………………………
              NIP.                                                                                                                                                                                                                  NIP.