Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pembahasan Ipa Paket 2 Diikuti Kunci Jawaban


Dalam rangka mengasah kemampuan siswa kelas 6 untuk menghadapi USBN maka kami menyuguhkan latihan soal USBN mata pelajaran Bahasa Indonesia sesuai dengan kisi-kisi USBN yang berlaku. Soal-soal tersebut tidak lengkap rasanya kalau tidak ada kunci jawaban dan pembahasan IPA paket 2.





Pada halaman ini kita akan melaksanakan pembahasan IPA paket 2 yang terdiri dari 35 soal opsi ganda dan 5 soal uraian. Soal dari pembahasan pada halaman ini mampu diunduh pada halaman latihan soal cobaan nasional (USBN) jenjang Sekolah Dasar IPA Paket 2.





Pembahasan IPA Paket 2





Pembahasan akan dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok pertama 1 sampai 10, kalangan kedua 11 sampai 20, kalangan ketiga 21 hingga 30. Kelompok ketiga 31 sampai 35, dan terakhir kalangan keempat 36-40 yang ialah soal uraian. Berikut ini pembahasan IPA paket 2 secara lengkap.





Pembahasan 1 sampai dengan 10





  1. Berdasarkan gambar, jikalau katak punah maka belalang akan berkembang pesat dan ular punah.
    (C)

  2. Hubungan rumput teki dengan pohon mangga membentuk sebuah simbiosis amensalisme. Sehingga rumput teki terhambat pertumbuhannya, sedangkan pohon mangga tidak terpengaruh.
    (C)

  3. Cara melestarikan lingkungan hutan dengan melakukan metode tebang pilih.
    (A)

  4. Adaptasi yang dilaksanakan tanaman menurut ilustrasi bermaksud untuk bertahan hidup pada lingkungan.
    (C)

  5. Perbedaan cara penyesuaian teratai dan enceng gondok adalah akar teratai terbenam di lumpur, sedangkan akar enceng gondok mengambang di air.
    (C)

  6. Kegiatan insan yang mengakibatkan berkurangnya daerah resapan air yakni betonisasi jalan dan pembangunan perumahan.
    (B)

  7. Upaya yang mampu dijalankan yaitu melakukan acara pemulihan dan penanaman kembali pepohonan.
    (B)

  8. Ular menjulurkan lidahnya dengan tujuan mendeteksi bau lewat udara
    (C)

  9. Nyamuk mengalami metamorfosis tepat. Hewan yang mengalami metamorfosis serupa ialah kupu-kupu, lebah, semut, dan kumbang.
    (C)

  10. Sendi yang ditunjukkan pada gambar yaitu sendi engsel. Sendi ini memungkinkan gerakan kesatu arah. Beberapa nama sendi dibarengi gambar yang menarik diulas lebih lengkap pada halaman nama sendi pada badan insan.
    (C)




Pembahasan 11 sampai dengan 20





  1. Katak remaja bernapas dengan menggunakan paru-paru dan kulit.
    (C)

  2. Lambung berfungsi mencerna masakan secara mekanis dan kimiawi.
    (D)

  3. Anjing maritim berkembangbiak dengan cara beranak (vivipar).
    (A)

  4. Ciri pubertas pria diantaranya kulit menjadi agresif, tumbuh abses, dada membidang, berkembang rambut di sekeliling kemaluan dan ketiak. Beberapa ciri pubertas pada anak wanita maupun laki-laki dibahas secara mendalam pada halaman ciri pubertas pada anak.
    (A)

  5. Usaha yang dapat dilaksanakan agar tidak terkena nanah akses pernapasan atas dengan menggunakan masker dikala di lingkungan kotor.
    (A)

  6. Cara yang mampu dijalankan ketika jumlah sel darah merah dalam tubuh kurang adalah dengan mengonsumsi masakan yang mengandung banyak zat besi.
    (D)

  7. Oksigen di dalam tabung mempunyai sifat menekan ke segala arah.
    (B)

  8. Pasangan benda dan pergantian wujudnya yang sempurna adalah gula yang dipanaskan, amis parfum pada badan, dan hadirnya titik-titik air pada gelas.
    (B)

  9. Perbedaan suhu dapat menciptakan es lebih singkat mencair.
    (A)

  10. Perubahan wujud membeku ditunjukkan dengan memasukkan air ke dalam freezer. Perubahan wujud menyublim ditunjukkan dengan meletakkan kamper di ruang terbuka.
    (A)




Pembahasan 21 sampai dengan 30





  1. Pembuatan ban mobil dari karet alasannya menerapkan sifat materi yang elastis.
    (C)

  2. Konstruksi bangunan semoga kuat dan besar lengan berkuasa menggunakan baja.
    (D)

  3. Sepeda motor yang melaju kencang datang-tiba berhenti saat direm ialah contoh imbas gaya gesek.
    (B)

  4. Bahan vinil memiliki kelebihan kedap air dan kuat.
    (A)

  5. Minuman bersoda yang tidak penuh bertujuan supaya botol tidak pecah dikala terjadi pemuaian udara.
    (A)

  6. Hasil percobaan tersebut yaitu ujung kayu dan plastik tidak panas, sedangkan ujung aluminium menjadi panas.
    (D)

  7. Perubahan energi yang terjadi pada kipas angin ialah energi listrik menjadi energi gerak.
    (D)

  8. Energi alternatif diantaranya biomassa, spritus, dan alkohol.
    (B)

  9. Kutub 1 yakni utara dan kutub 2 adalah selatan.
    (D)

  10. Alat elektro yang memiliki pergeseran energi sama dengan penghangat air yakni setrika. Alat ini mengganti energi listrik menjadi energi panas.
    (D)




Pembahasan 31 hingga dengan 35





  1. Jika sakelar S1 dibuka maka L4 dan L5 padam, S2 ditutup maka L1, L2, dan L3 menyala.
    (D)

  2. Planet Mars memiliki ciri-ciri selaku planet merah, jarak dengan matahari 226 juta km, satelitnya bernama Deimos dan Phobos.
    (A)

  3. Gerhana matahari cincin terjadi bila dikala gerhana, bulan pada posisi terjauh dari bumi dan terletak diantara bumi dan matahari.
    (A)

  4. Persamaan insiden yang ditunjukkan gambar a dan b yakni cahaya matahari terhalang oleh objek lain.
    (C)

  5. Kesalahan yang dilaksanakan Angga yakni pada gambar sinar matahari.
    (D)




Pembahasan 36 hingga dengan 40





  1. a. Air kapur menjadi keruh sebab reaksi air kapur dengan udara hasil pernapasan.
    b. Hal tersebut membuktikan bahwa pernapasan menghasilkan karbondioksida.

  2. 1. rongga ekspresi
    2. kerongkongan
    4. lambung
    6. usus halus
    7. usus besar
    9. anus

  3. Penyesuaian diri belibis diantaranya:
    1. mempunyai selaput pada kaki untuk berenang
    2. mempunyai bulu yang tahan terhadap air sehingga tidak berair saat berenang dan sesudah berenang

  4. Pada pembangkit listrik tenaga geothermal, panas bumi dialirkan menggunakan pipa-pipa lalu diarahkan pada turbin sehingga turbin mampu bergerak untuk memutar generator. Generator ini yang hendak menghasilkan energi listrik.

  5. Dampak terganggunya siklus air pada makhluk hidup diantaranya:
    1. kekeringan
    2. banjir
    3. kesusahan air higienis untuk minum




Demikian kunci balasan dan pembahasan IPA paket 2. Apabila terdapat kekeliruan pada pembahasan di atas, silahkan tuliskan pada kolom komentar untuk mampu diperbaiki lalu.