Rangkuman Materi dan Soal Latihan IPS Kelas 4 SD Tentang Peninggalan Sejarah
Berikut ini adalah bahan pembelajaran IPS - Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4 SD yakni tentang Peninggalan Sejarah. Dimana materi tersebut dikembangkan lagi menjadi macam Peninggalan Sejarah dan Menghargai Peninggalan Sejarah.
Rangkuman Materi IPS Kelas 4 SD Tentang Peninggalan Sejarah
1. Jenis peninggalan sejarah dapat berbentuk arca, benteng, candi, gedung,makam, monumen, museum, prasasti, situs, tempat ibadah.
2. Peninggalan sejarah sangat bermanfaat bagi pengembangan budaya, pengembangan wisata, kemajuan pendidikan, mempertebal semangat kebangsaan, dan meperkokoh rasa persatuan.
3. Menghargai peninggalan sejarah menjadi sikap yang sangat terpuji demi kelestarian dan keutuhan benda-benda sejarah tersebut.
4. Pemugaran, perawatan, keamanan dan pengembangan peninggalan sejarah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi sebagai warga masyarakat wajib ikut menjaga dan melestarikan.
5. Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sangat terkenal di dunia yang ada di Indonesia.
6. Tempat-tempat peninggalan sejarah banyak yang dikemas menjadi tempat wisata yang dapat menambah devisa negara.
Soal Latihan IPS Kelas 4 SD Tentang Peninggalan Sejarah
A. Pilihlah jawaban yang paling benar.
1. Untuk dapat menghargai peninggalan sejarah, terlebih dahulu kita wajib mengetahui dan memahami ….
a.pelajaran sejarah c.peristiwa sejarah
b.guru sejarah d.jenis peninggalan sejarah
2. Museum Satria Mandala terdapat di kota ….
a.Surabaya c.Banjarmasin
b.Jakarta d.Semarang
3. Turut menjaga kebersihan dan keutuhan benda sejarah ketika kita mengunjungi tempat tersebut termasuk ….
a.menghargai peninggalan sejarah
b.menaati tata tertib
c.melestarikan benda sejarah
d.mempelajari sejarah
4. Kitab Sutasoma merupakan peninggalan sejarah dalam bentuk karya sastra pada masa ….
a.Kerajaan Sriwijaya c.Kerajaan Majapahit
b.Kerajaan Tarumanegara d.Kerajaan Singosari
5. Prasasti Kebon Kopi merupakan peninggalan sejarah kerajaan ….
a.Majapahit c.Sriwijaya
b.Tarumanegara d.Demak
6. Beberapa tempat peninggalan sejarah dapat bermanfaat sekali dalam bidang ….
a.pendidikan c.perdagangan
b.perhubungan d.perindustrian
7. Istana Presiden Tampak Siring terdapat di provinsi ….
a.Sumatra Barat c.Jawa Tengah
b.Jawa Timur d.Bali
8. Memberikan coretan yang tak bermanfaat pada candi merupakan perbuatan ….
a.tercela c.terampil
b.terpuji d.terkenal
9. Bangunan untuk menyimpan berbagai peninggalan sejarah disebut ….
a.prasasti c.situs
b.istana d.museum
10. Tugu Muda merupakan saksi sejarah terdapat di kota ….
a.Surabaya c.Semarang
b.Medan d.Bandung
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat.
1. Candi Prambanan juga dikenal candi ....
2. Makam Pangeran Diponegoro terdapat di ....
3. Semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika diambil dari kitab Sutasoma pada masa kerajaan ....
4. Monumen Pers Nasional terdapat di kota ....
5. Bangunan yang sengaja dibuat untuk pertahanan dalam perang dinamakan ....
6. Ir. Soekarno dimakamkan di kota ....
7. Situs sejarah mendapat perlindungan dari ....
8. Masjid Baiturrahman terdapat di provinsi ....
9. Museum Sudirman terdapat di ....
10. Adanya peninggalan sejarah dapat menambah ....
C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar.
1. Sebutkan tiga upaya yang dapat dilakukan dalam melestarikan peninggalan sejarah.
Jawab: ..............................
2. Mengapa kita wajib mentaati peraturan atau tata tertib yang berlaku di tempat peninggalan sejarah.
Jawab: ..............................
3. Bagaimana sikap seorang pelajar menghargai peninggalan sejarah?
Jawab: ..............................
4. Sebutkan tiga peninggalan sejarah yang ada di provinsi tempat tinggalmu.
Jawab: ..............................
5. Siapakah yang wajib menjaga kelestarian peninggalan sejarah itu?
Jawab: ..............................
Demikian penyajian Rangkuman Materi dan Soal Latihan IPS Kelas 4 SD Tentang Suku Bangsa dan Budaya yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI 4 Depdiknas. Semoga bermanfaat dan Selamat belajar!!!
Sumber https://mediapembelajaran87.blogspot.com/
1. Jenis peninggalan sejarah dapat berbentuk arca, benteng, candi, gedung,makam, monumen, museum, prasasti, situs, tempat ibadah.
2. Peninggalan sejarah sangat bermanfaat bagi pengembangan budaya, pengembangan wisata, kemajuan pendidikan, mempertebal semangat kebangsaan, dan meperkokoh rasa persatuan.
3. Menghargai peninggalan sejarah menjadi sikap yang sangat terpuji demi kelestarian dan keutuhan benda-benda sejarah tersebut.
4. Pemugaran, perawatan, keamanan dan pengembangan peninggalan sejarah bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi sebagai warga masyarakat wajib ikut menjaga dan melestarikan.
5. Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang sangat terkenal di dunia yang ada di Indonesia.
6. Tempat-tempat peninggalan sejarah banyak yang dikemas menjadi tempat wisata yang dapat menambah devisa negara.
Soal Latihan IPS Kelas 4 SD Tentang Peninggalan Sejarah
A. Pilihlah jawaban yang paling benar.
1. Untuk dapat menghargai peninggalan sejarah, terlebih dahulu kita wajib mengetahui dan memahami ….
a.pelajaran sejarah c.peristiwa sejarah
b.guru sejarah d.jenis peninggalan sejarah
2. Museum Satria Mandala terdapat di kota ….
a.Surabaya c.Banjarmasin
b.Jakarta d.Semarang
3. Turut menjaga kebersihan dan keutuhan benda sejarah ketika kita mengunjungi tempat tersebut termasuk ….
a.menghargai peninggalan sejarah
b.menaati tata tertib
c.melestarikan benda sejarah
d.mempelajari sejarah
4. Kitab Sutasoma merupakan peninggalan sejarah dalam bentuk karya sastra pada masa ….
a.Kerajaan Sriwijaya c.Kerajaan Majapahit
b.Kerajaan Tarumanegara d.Kerajaan Singosari
5. Prasasti Kebon Kopi merupakan peninggalan sejarah kerajaan ….
a.Majapahit c.Sriwijaya
b.Tarumanegara d.Demak
6. Beberapa tempat peninggalan sejarah dapat bermanfaat sekali dalam bidang ….
a.pendidikan c.perdagangan
b.perhubungan d.perindustrian
7. Istana Presiden Tampak Siring terdapat di provinsi ….
a.Sumatra Barat c.Jawa Tengah
b.Jawa Timur d.Bali
8. Memberikan coretan yang tak bermanfaat pada candi merupakan perbuatan ….
a.tercela c.terampil
b.terpuji d.terkenal
9. Bangunan untuk menyimpan berbagai peninggalan sejarah disebut ….
a.prasasti c.situs
b.istana d.museum
10. Tugu Muda merupakan saksi sejarah terdapat di kota ….
a.Surabaya c.Semarang
b.Medan d.Bandung
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat.
1. Candi Prambanan juga dikenal candi ....
2. Makam Pangeran Diponegoro terdapat di ....
3. Semboyan bangsa Indonesia Bhinneka Tunggal Ika diambil dari kitab Sutasoma pada masa kerajaan ....
4. Monumen Pers Nasional terdapat di kota ....
5. Bangunan yang sengaja dibuat untuk pertahanan dalam perang dinamakan ....
6. Ir. Soekarno dimakamkan di kota ....
7. Situs sejarah mendapat perlindungan dari ....
8. Masjid Baiturrahman terdapat di provinsi ....
9. Museum Sudirman terdapat di ....
10. Adanya peninggalan sejarah dapat menambah ....
C. Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar.
1. Sebutkan tiga upaya yang dapat dilakukan dalam melestarikan peninggalan sejarah.
Jawab: ..............................
2. Mengapa kita wajib mentaati peraturan atau tata tertib yang berlaku di tempat peninggalan sejarah.
Jawab: ..............................
3. Bagaimana sikap seorang pelajar menghargai peninggalan sejarah?
Jawab: ..............................
4. Sebutkan tiga peninggalan sejarah yang ada di provinsi tempat tinggalmu.
Jawab: ..............................
5. Siapakah yang wajib menjaga kelestarian peninggalan sejarah itu?
Jawab: ..............................
Demikian penyajian Rangkuman Materi dan Soal Latihan IPS Kelas 4 SD Tentang Suku Bangsa dan Budaya yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI 4 Depdiknas. Semoga bermanfaat dan Selamat belajar!!!