Rangkuman Materi dan Soal Latihan IPS Kelas 4 SD Tentang Suku Bangsa dan Budaya
Berikut ini adalah bahan pembelajaran IPS - Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas 4 SD yakni tentang Suku Bangsa dan Budaya. Dimana materi tersebut dikembangkan lagi menjadi Bhinneka Tunggal Ika, Ragam Suku Bangsa dan Budaya, dan Melestarikan Budaya.
Rangkuman Materi IPS Kelas 4 SD Tentang Suku Bangsa dan Budaya
1. Keanekaragaman suku bangsa dan budaya daerah merupakan bagian budaya nasional. Hal tersebut harus selalu kita lestarikan. Semboyan negara kita adalah Bhinneka Tunggal Ika. Artinya, berbeda-beda namun tetap satu.
2. Beberapa suku bangsa di Indonesia antara lain
a. Sumatra :Batak, Minang, Melayu, Kubu, Enggano, Komering, Ogan.
b. Jawa : Badui, Sunda, Betawi, Jawa, Tengger.
c. Kalimantan : Abai, Kayan, Banjar, Ngaju.
d. Sulawesi : Mori, Buton, Bone, Toraja, Selayor, Makassar.
e. Bali, Nusa Tenggara : Bali, Sasak, Bima, Flores, Rote.
f. Papua : Deni, Asmat, Mori, Molof.
3. Keragaman budaya daerah dapat berupa
a. rumah adat,
b. pakaian adat,
c. tarian dan lagu, dan
d. alat musik daerah.
4. Cara menghargai dan melestarikan keragaman budaya daerah, antara lain sebagai berikut.
a. Pendidikan tentang budaya daerah.
b. Dilaksanakan lomba budaya setempat.
c. Dilaksanakan pentas seni daerah.
Soal Latihan IPS Kelas 4 SD Tentang Suku Bangsa dan Budaya
A. Pilihlah jawaban yang paling benar.
1. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika diambil dari bahasa ….
a.Jawa kuno c.Indonesia
b.Sansekerta d.Latin
2. Suku bangsa Badui berasal dari provinsi ….
a.Jawa Barat c.Kalimantan Selatan
b.Jawa Tengah d.Banten
3. Lagu Jali-Jali merupakan lagu khas dri ....
a.Melayu c.Bali
b.Minangkabau d.Betawi
4. Alat musik Kolintang berasal dari ….
a.Jawa c.Sulawesi
b.Sunda d.Maluku
5. Gambar di bawah ini merupakan tari dari daerah ….
a.Maluku
b.Bali
c.Sulawesi
d.Jawa Barat
6. Baju Teluk Belanga merupakan pakaian adat ….
a.Sumatra Barat c.Papua Barat
b.Kalimantan barat d.Sulawesi Utara
7. Persatuan dan kesatuan bangsa perlu dilandasi sikap dan kebiasaan ….
a.hidup rukun c.hidup bersama
b.pertentangan d.belajar bersama
8. Terhadap budaya daerah lain di Indonesia kita berkewajiban untuk ….
a.dihormati c.dikagumi
b.diacuhkan d.diketahui
9. Untuk melestarikan lagu daerah dapat dilakukan dengan cara ….
a.menghafal lagu c.lomba lagu
b.mengerti lagu d.menirukan lagu
10. Apabila mendengarkan temanmu menyanyikan lagu dari daerahnya, sikapmu adalah ….
a.tidak senang c.senang dan saya menghormati
b.tidak mendengar d.menutup kuping
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan tepat.
1. Kalimat Bhinneka Tunggal Ika diambil dari buku ....
2. Hidup saling menghormati, bekerja sama, dan rukun akan membentuk rasa ....
3. Tari Maengket berasal dari daerah ....
4. Pergaulan antarsuku di Indonesia menggunakan bahasa ....
5. Salah satu makanan khas dari Padang adalah ....
6. Nama lain rumah adat suku Asmat adalah ....
7. Upacara pembakaran mayat di Bali disebut ....
8. O Ina Ni Keke adalah lagu daerah yang berasal dari ....
9. Suku bangsa Tengger berada di daerah ....
10. Bersatu kita teguh bercerai ....
C.Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan benar.
1. Sebutkan dua cara menghormati budaya daerah.
Jawab: .........................
2. Apakah yang dapat dilakukan untuk melestarikan budaya daerah?
Jawab: .........................
3. Jelaskan pengertian “Bhinneka Tunggal Ika”.
Jawab: .........................
4. Sebutkan tiga rumah adat beserta asal daerahnya.
Jawab: .........................
5. Sebutkan tiga suku bangsa dari Sumatra Barat.
Jawab: .........................
Demikian penyajian Rangkuman Materi dan Soal Latihan IPS Kelas 4 SD Tentang Suku Bangsa dan Budaya yang bersumber dari Buku Bse Ilmu Pengetahuan Sosial SD/MI 4 Depdiknas. Semoga bermanfaat dan Selamat belajar!!!