Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 DAN KUNCI JAWABAN


SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 

 Pilihlah jawaban yang paling tepat!

1.      Konferensi Danau Nusantara yang digelar di Gorontalo … menghasilkan Deklarasi Limboto. Deklarasi ini ditandatangani oleh sejumlah Kepala daerah di Indonesia yang memiliki danau di wilayah administrasinya. Salah satu isi deklarasi adalah kesepakatan membentuk forum daerah peduli danau nusantara, menyususn program strategis Bersama, serta mendorong adanya regulasi pengelolaan danau berkelanjutan.


A.    percobaan

B.     pengaturan

C.     persetujuan

D.    pengabsahan

E.     pengamatan



2.      Kalimat pertanyaan yang tepat sesuai isi paragraf adalah….

A.    Apakah tujuan Deklarasi Limboto?

B.     Mengapa konferensi Danau Nusantara diadakan di Gorontalo?

C.     Apakah tujuan diadakan Konferensi Danau Nusantara?

D.    Apakah hasil dari Konferensi Danau Nusantara?

E.     Bagaimanakah pengelolaan danau di Indonesia ?

3.      Ada dua jenis tanaman mini. Pertama, tanaman mini yang bukan asli mini. Jika ditanam di tanah, ia akan tumbuh besar dan normal seperti biasa. Jika ditempatkan di pot kecil, pertumbuhannya menjadi lambat. Tanaman jenis ini misalnya tanaman palem mudang, pohon raphis, pohon asem, beringin, dan jambu kerikil. Jenis kedua, tanaman mini asli, yang aslinya memang kecil. Tanaman ini jika ditanam di tanah tidak bisa besar seperti ukuran normal. Jika ditanam di pot kecil, ia akan makin kecil, mungil, dan cantik. Tanaman ini bagus untuk tanaman hias.

Masalah yang dibahas dalam teks eksposisi tersebut adalah….

A.    Permasalahan tanaman mini yang sedang trend di Indonesia.

B.     Tanaman mini asli dan tanaman mini bukan asli.

C.     Tanaman mini  bagus ditanam di pot kecil karena akan tumbuh menjadi cantik dan mungil.

D.    Tanaman mini biasa digunakan menjadi tanaman hias.

E.     Jenis-jenis tanaman mni dan deskripsinya.

4.      Memiliki wajah cantik dan halus menjadi idaman setiap orang khususnya wanita. Ada cara mudah dan murah untuk hal tersebut. Jeruk nipis dan setengah sendok madu murni bisa untuk mewujudkan impian tersebut. Campurkan kedua bahan tersebut, kemudian oleskan secara lembut pada wajah Anda. Biarkan selama sekitar 10 hingga 15 menit. Basuh dengan air dingin hingga bersih. Lakukan dua kali dalam seminggu. Mudah bukan? Jadi, selain Anda menjadi lebih cantik alami, dengan cara seperti ini. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya banyak.

Rekomendasi yang disampaikan penulis melalui teks di atas adalah….

                      A.      Wanita harus menyempatkan waktu untuk merawat kulitnya

                       B.      Cara memanfatkan jeruk nipis untuk kesehatan tubuh.

                       C.      Memanfaatkan bahan-bahan alami seperti jeruk dan madu untuk kesehatan.

                      D.      Merawat kulit wajah dengan cara mudah dan murah.

                       E.      Merawat kulit wajah secar rutin.

5.      Cermati teks Berikut


Gafi        :    Selamat sore, Bu Nita.
Bu Nita  :    Sore, silakah masuk, ayo duduk di dalam saja. Ada apa Gafi ke sini? Ada yang bisa Ibu bantu?
Gafi        :    Maksud saya ke sini mau menawarkan tas rajutan karya Ibu saya. Ini saya bawa contohnya empat warna.
Bu Nita  :    Bagus sekali bahan, model, dan warnanya. Berapa harganya, Gafi?
Gafi        :    Tidak mahal, hanya Rp250.000,00. Tas ini bisa untuk tas kerja, situasi santai, atau untuk mahasiswa.
Bu Nita  :    Bisa kurang, Gafi? Bagaimana kalau Rp225.000,00 biar nanti Ibu jual Rp250.000,00. Kalau lebih dari Rp250.000,00 terlalu mahal. Ibu ambil semua warna yang ada jika harganya bisa kurang
Gafi        :    Baiklah kalau begitu, Bu. Tapi saya ambil dulu ke rumah, ya Bu. Yang saya bawa ini hanya untuk contoh.
Bu Nita  :    Baik, Gafi. Hati-hati, tidak usah terburu-buru.
Gafi        :    Ya, Bu Nita. Terima kasih.         
                                                      

Hal yang disepakati dalam dialog tersebut adalah ….

A.    banyak tas

B.     jenis tas

C.     warna tas

D.    harga tas

E.     model tas







E.      Penyajian pembelajaran  Bahasa Indonesia jenjang SMA.

7.      Pada salah satu adegan, semua siswa tercengang ketika menonton adegan peristiwa di atas Hotel Yamato.

Inti kalimat tersebut adalah ....

A.      Siswa tercengan.

B.      Menonton adegan.

C.      Adegan peristiwa.

D.     Siswa menonton.

E.      Salah satu adegan.



                         A.   teks dapat

                          B.   dapat diperinci

                          C.   menjadi berbagai

                         D.   diperinci menjadi

                          E.   jenis teks


Teks 1
Teks 2


Teks 1
Teks 2


10.  Cermati kedua teks berikut!

Teks I

Ketenaran objek wisata Kepulauan Raja Ampat telah diakui baik di dalam negeri maupun luar negeri. Ketenaran Raja Ampat sebagai salah satu tujuan wisata paling menarik telah didokumentasikan dalam sebuah film berjudul Edis Paradise 3. Film ini mengangkat keindahan bawah laut Raja Ampat yang disebut Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia.

Teks II

Kepulauan Raja Ampat terletak di sebelah barat kepala burung Papua Barat. Sebanyak 85% wilayah kabupaten ini merupakan pulau-pulau yang berjumlah lebih dari 600 pulau. Kepulauan Raja Ampat memiliki potensi wisata alam luar biasa. Tempat wisata di Papua Barat ini sangat terkenal dengan wisata bawah lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia. Laut di kepulauan Raja Ampat menjadi tempat menyelam terbaik karena kelengkapan dan keragaman flora dan fauna bawah lautnya. Laut di kepulauan Raja Ampat mempunyai 75% seluruh spesies karang di dunia.

Teks 1
Teks 2
diawali unsur siapa
diawali unsur dimana
diawali unsur mengapa
diakhiri unsur apa
diakhiri unsur siapa


11.  Kentang sangat baik dikonsumsi oleh orang yang sedang melaksanakan program diet. Namun, jenis kentang sangatlah bervariasi di pasaran. Oeh karena itu, kita harus pintar memilih mana kentang yang bermutu dan kentang yang kurang baik. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah warna kulit kentang. .... jangan memilih kentang yang berwarna kuning kehijauan. Kemudian usahakan membeli kentang yang tidak banyak lubang pada permukaan kulitnya. Karena kentang yang tidak banyak lubangnya atau licin lebih bagus daripada kentang yang banyak lubangnya.
Kalimat yang sesuai untuk melengkapi paragraf eksposisi yang rumpang tersebut adalah ...

A.     Pilihlah kentang yang berukuran besar.

B.     Belilah kentang di swalayan, jangan di pasar tradisional.

C.     Kerupuk kentang sangat digemari anak-anak.

D.     Warna kentang sangat menarik dan bervariasi

E.      Pilihlah kentang yang warnanya kuning kecoklatan.

12.  Berbicara tentang pendidikan sebenarnya sama halnya dengan berbicara tentang kehidupan. Pendidikan merupakan proses yang dilakukan setiap individu menuju arah yang lebih baik sesuai dengan potensi kemanusiaan. Proses ini hanya berhenti ketika nyawa sudah tidak ada di dalam raga manusia. Pendidikan pada hakikatnya adalah proses memanusiakan manusia. Profesor Driyarkarya merumuskan pendidikan sebagai proses memanusiakan manusia muda, yakni suatu pengangkatan manusia muda ke taraf insani sehingga ia dapat menjalankan hidup sebagai manusia yang utuh dan membudayakan diri.

Ikhtisar kutipan paragraf tersebut adalah….

A.   Pendidikan sangat diperlukan setiap individu dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam menjadikan masyarakat berbudaya.

B.   Pendidikan adalah proses berkesinambungan dalam memanusiakan manusia menjadi manusia utuh dan berbudaya sesuai potensi yang dimiliki.

C.   Selama masih hidup, setiap individu memerlukan pendidikan dengan tujuan untuk memanusiakan dirinya agar menjadi manusia yang utuh dan menjadikan dirinya berbudaya.

D.   Pendidikan dan kehidupan ini tidak dapat dipisahkan karena pendidikan diperlukan oleh setiap individu untuk mencapai taraf insani, yakni sebagai manusia yang utuh dan membudayakan diri.

E.   Melalui pendidikan, manusia dapat mencapai taraf hidup yang lebih baik, yakni sebagai manusia yang utuh dan membudayakan diri.

13.  Cermati puisi berikut!

             Sajak Rajawali

            Satu sangkar dari besi

            Tak bisa mengubah Rajawali

            Menjadi burung nuri

Satu luka perasaan

                  Maki puji dan hinaan

                  Tak merubah sang jagoan

                  Menjadi makhluk picisan

                  ….

                              W.S. Rendra

Makna lambang “rajawali” dalam puisi tersebut adalah….

A.    Yang mempunyai kemauan                                  

B.     Makhluk yang sangat liar                                       

C.     Sejenis burung yang bermata tajam

D.    Binatang langka yang dilindungi

E.     Sosok pembela yang tangguh      

14.    Cermati kutipan puisi berikut!                         

                           BATU

Batu mawar

Batu langit

Batu duka

Batu rindu

Batu jarum

Batu bisu

kaukah itu

Teka

Teki

Yang tak menepati janji?

Dengan seribu gunung langit tak runtuh


Makna kata batu pada puisi di atas menggambarkan….

A.    ketegaran

B.     kesombongan

C.     kebebasan

D.    kecemasan

E.     keikhlasan

15.  Cermati pantun berikut!

Membaca novel Siti Nurnaya

Nama pengarangnya Marah Rulsi

Kita anak muda ayo berkarya

….

16.  Cermati kutipan cerpen berikut untuk soal nomor 16-17!

Menurut ibu yang didengarnya dari ayah, sebab terjadinya penikaman terhadap Opzichter Belanda itu karena Opzichter itu selalu mengganggu istri-istri mereka. Dan rupanya kuli kontrak itu sudah gelap matanya, tidak lagi dapat menahan hati melihat Opzichter itu mengganggu istri-istri mereka. Lalu mereka memutuskan untuk beramai-ramai menyerang mereka.

(Kuli Kontrak, Mochtar Lubis)

Penyebab konflik pada kutipan cerita dia atas adalah….      

A.    Kuli-kuli kontrak memaki-maki Opzichter yang mengganggu istri mereka.

B.     Istri kuli-kuli kontrak mengadukan Opzichter kepada suami mereka.

C.     Opzichter tidak dapat lagi menehan marahnya terhadapistri kuli kontrak.

D.    Istri kuli kontrak merasa dihina oleh perlakuan Opzichter.

E.     Opzichter selalu mengganggu istri kuli-kuli kontrak.

17.  Konflik dalam kutipan  di atas adalah….

A.    Rasa benci istri kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter yang kurang ajar.

B.     Opzichter merasa marah karena istri kuli-kuli kontrak tidak patuh padanya.

C.     Rasa marah (gelap mata)  kuli-kuli kontrak terhadap Opzichter

D.    Rasa tertekan perasaan istri kuli-kuli kontrak terhadap suami mereka.

E.     Opzichter merasa terhina karena istri-istri kuli kontrak menolaknya..

18.  Bacalah penggalan cerpen berikut dengan saksama!
”Pak, pohon pepaya di pekaranganku telah dirobohkan dengan tak semena-mena. Tidaklah sepatutnya hal itu kulaporkan?”
”Itu benar, tapi jangan melebih-lebihkan. Ingat, yang harus diutamakan ialah kerukunan kampung. Soal kecil yang dibesar-besarkan bisa mengakibatkan kericuhan dalam kampung. Setiap soal mesti diselesaikan dengan sebaik-baiknya. Tidak boleh main seruduk. Masih ingatkah kau pada peristiwa Dullah dan Bidin tempo hari? Hanya karena soal dua kilo beras, seorang kehilangan nyawa dan yang lain meringkuk di penjara.”
(Gerhana, Muhammad Ali)

Nilai moral dalam penggalan cerpen di atas adalah…

A.    Orang yang menebang pohon milik orang lain harus dilaporkan kepada lurah.

B.     Orang yang menebang pohon milik orang lain dapat dimasukkan ke penjara.

C.     Kerukunan kampung dapat terganggu karena penebangan pohon pepaya.

D.    Persoalan kecil yang dibesar-besarkan akan berakibat fatal.

E.     Dua kilo beras telah menyebabkan dua orang bertikai.

19.  Cermati paragraf berikut!

                             Pantun 1       
Pantun 2
Mari kita ke pasar bunga
beli bunga harganya murah
Jika dinasihati ayah dan bunda
Janganlah kesal jangan menyanggah
Laju laju perahu laju
laju sampai ke Surabaya
Jika rajin menuntut ilmu
kelak hidupmu akan sejahtera


            Perbedaan isi kedua bait pantun tersebut adalah ….



Pantun 1
Pantun 2
A.
nasihat agar menuruti nasihat orang tua
nasihat agar rajin belajar
B.
menganjurkan mencintai tanaman
menginginkan hidup sejahtera
C.
menginformasikan harga bunga
meraih kesuksesan hidup di dunia
D.
cara mendengarkan nasihat orang tua
cara menuntut ilmu pengetahuan
E.
menjelaskan sifat-sifat buruk
menjelaskan cara meraih kesejahteraan

             
20.  Cermati kutipan novel berikut!


       Ya Tuhan. Anakku polio? L-u-m-p-u-h? Seperti petir kata-kata dokter itu menyambar telingaku. Kali ini dokter menatapku dengan iba. Dia menyatakan bahwa anakku, Nike, juga terkena leukimia. Keterbatasan persediaan obat dan tenaga medis di desa terpencil itu makin memperburuk keadaan. Ketika kembali ke sisi Nike, senja itu, aku sudah merasa waktunya hampir tiba. Perpisahan sudah di depan mata. Kemudian, Nike akhirnya meninggal walaupun belum melihat ayahnya. Tangisan pun menggelegar. Irwan baru bisa datang setelah dia meninggal. Kemudian, Irwan dinyatakan gagal menjadi dokter dan ditarik kembali ke kota. Di sana dia tidak boleh menjadi dokter sehingga mencari pekerjaan lain, yaitu berdagang dan Wita menjadi guru bahasa Inggris. Akhirnya, aku dan Mas Irwan mengangkat anak bernama Nita. Sesungguhnya, matahari hidup kami memang masih di batas cakrawala. Tapi, bukan matahari yang hampir terbenam. Melainkan fajar yang hampir menyingsing.
(Matahari di Batas Cakrawala, Mira W.)


         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan sesuai isi kutipan tersebut adalah …

A.    Amanat dalam cerita disampaikan terlalu gamblang oleh pengarang.

B.    Tidak terdapat keterpaduan antara latar suasana, waktu, dan tempat.

C.    Tokoh dalam cerita kurang terfokus sehingga alur cerita tidak begitu jelas.

D.    Pendeskripsian watak tokoh dalam kutipan cerita kurang tergambar.

E.    Sajian permasalahan yang menimpa tokoh terlalu berlebihan.

21.   Perhatikan kutipan cerpen berikut.

(1) “Angel! Kamu bawa payung?” tegurku, seramah mungkin. (2) Gadis blasteran Inggris-Manado itu tidak menoleh. (3) Ia hanya terus memandangi hujan dengan mata birunya yang elok.  (4) Ekspresi di wajah cantiknya tak terbaca.(5) Aku mengeluarkan payung dari tasku. “Kalau mau, kamu bisa pakai punyaku,” kataku sambil menyodorkan payung. (6) Angel akhirnya menoleh, tetapi tidak menjawab….

(Aku, Dia dan Hujan, Haqi K)

Bukti watak Angel yang acuh terletak pada kalimat bernomor ….

A. (1) dan (2)

B. (3) dan (4)

C. (5) dan (6)

D. (2) dan (4)

E. (2) dan (6)

22.  Cermati kutipan cerpen berikut!

Pada suatau hari Permaisuri di kerajaan Pulau Mintin menoinggal dunia. Sejak saat itu Raja menjadi sedih dan selalu murung. Keadaan ini membuatnya tidak dapat memerintah dengan baik. Pada saat yang sama , keadaan kesehatan raja pun makin menurun. Kemudian, raja pun berniat untuk berlayar guna menghibur hatinya. Sementara raja pergi, tentu saja ad yang menjalankan pemerintahan. Raja menyerahkan tahtanya kepada kedua anaknya.

Keterkaitan peristiwa dalam kutipan cerita rakyaht tersebut dengan kehidupan sehari-hari adalah….

A.    Kematian seseorang mentebabakan perebutan harta warisan.

B.     Kematian membuat seseorang membenci bahagia.

C.     Kematian seseorang harus segera dilupakan dengan berwisata.

D.    Kematian seseorang meyebabakan orang yang ditingggalkan kecewa.

E.     Kematian orang yang disayang meninggalkan duka yang mendalam

23.  Bacalah ilustrasi berikut !

Ketua Komisi Perlindungan Anak, Arist Merdeka Sirait, mempertanyakan slogan Kota Depok sebagai kota layak anak. Pasalnya, kasus kekerasan terhadap anak justru banyak terjadi di Kota Depok.Selama delapan bulan terakhir pada tahun 2015 ini, terdapat 287 kasus kekerasan terhadap anak di Depok. Slogan Kota Depok sebagai kota layak anak hanya kabar bohong semata.

Disadurdari :http://kriminalitas.com/depok-kota-layak-anak,diunduh 12 November 2015

Ungkapan tepat ilustrasi tersebut adalah ....

A.    acungan jempol

B.     isapan jempol.

C.     bertangan jempol

D.    jempol besar

E.     cap jempol








25.  Cermati urutan kalimat Berikut


(1)  Hal itu diungkapkan agar tidak ada lagi tanaman padi yang terkena puso dan rusak karena kekeringan.
(2)  Bupati Bandung meminta petani tidak lagi menanam padi pada musim kemarau depan.
(3)  Oleh karena itu, melalui Dinas Pertanian, Kehutanan, dan Perkebunan pihaknya akan terus melakukan penyuluhan dan sosialisasi kepada penduduk.
(4)  Akan tetapi, masih ada saja petani yang membandel tetap menanam padi.
(5)  Akibatnya, banyak tanaman padi yang terkena puso.


         Urutan kalimat tersebut agar menjadi paragraf padu adalah ….

A.    (1), (2), (4), (5), dan (3)

B.    (2), (1), (4), (5), dan (3)

C.    (3), (2), (1), (5), dan (4)

D.    (3), (5), (2), (1), dan (4)

E.    (5), (2), (3), (1), dan (4)

26.  Cermati paragraf berikut!


         Masih segar dalam ingatanku, waktu aku tinggal bersama nenek di kampung karena kedua orang tuaku merantau. Nenek sangat menyayangiku. Begitu pula aku, sangat menyayangi nenek. …. Aktivitas apa pun yang dilakukan nenek aku ikut serta, seperti ke sawah, ke ladang, menghalau bebek. Aktivitas ini bagian seni kehidupan di kampung yang sangat menyenangkan dan mengesankan sepanjang hidupku.
                                                         

         Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf tersebut adalah …

A.    Kami melalui hari-hari dengan gembira, senang, dan penuh kasih sayang.

B.    Kasih sayang adalah pengikat yang sangat baik antara manusia di dunia ini.

C.    Saling menyayangi di antara anggota keluarga harus selalu tercipta.

D.    Sangat banyak jasa nenek yang saya rasakan dan tidak akan bisa dibalas.

E.    Sering nenek bercerita tentang masa kecilnya yang penuh kenangan.

27.  Cermati kutipan berikut!

Dampak paling nyata dari bencana kabut asap adalah masalah kesehatan. Lebih dari tiga bulan terpapar udara bercampur asap membuat daya tahan masyarakat kian menurun. [….] Beberapa bantuan yang didistribusikan meliputi 125 ribu masker ke 97 kabupaten/kota terdampak, makanan tambahan 11 ton, alat penjernih air, serta 4.482 oximetry (alat cek denyut jantung), dan sontheimer (alat menghitung kecepatan pernapasan anak-anak yang diperkirakan menderita ISPA). Selain itu, 70 unit alat penjernih udara (air purifier) untuk rumah sakit, oksigen consentrate dan 500 unit kit penanggulangan asap ke puskesmas-puskesmas.

Kalimat tepat untuk melengkapi paragraf eksposisi tersebut adalah …

A.    Melihat kondisi semakin mengkhawatirkan, Pemerintah memberikan bantuan tambahan ke daerah-daerah terdampak kabut asap.

B.     Keadaan semakin parah, Pemerintah tidak bisa berdiam diri melihat daerah-daerah terdampak kabut asap.

C.     Bantuan-bantuan tambahan dari Pemerintah sangat bermanfaat bagi masyarakat yang tinggal di daerah terdampak kabut asap.

D.    Kondisi semakin memprihatinkan, pemerintah daerah dan provinsi wajib meliburkan siswa di daerah terdampak kabut asap.

E.     Pemerintah akan memberi Bantuan Santunan Kematian (BSK) kepada korban meninggal akibat bencana asap.

28.  Cermati deretan kalimat berikut!

(1)   Banyak teman saya yang tidak bisa membuat atau menyusun pantun.
(2)   Bagaimana cara menyusun pantun itu sebenarnya.
(3)   Menyusun pantun itu sangat mudah asal tau syarat-syarat penyusunannya.
(4)   Buatlah sampiran pada larik pertama dan larik kedua.
(5)   Kemudian, buat  isi pada larik ketiga dan larik keempat.
(6)   Isi pantun itu antara lain: nasihat, sindiran, teka-teki, dan jenaka.

         Konjungsi pada kalimat yang bercetak miring dapat divariasikan dengan konjungsi ….

A.    maka

B.    ketika  

C.    sebelum itu

D.    setelah itu

E.    ketika itu

29.  Pemerintah telah melakukan operasi harga sembako di pasar …, para pedagang tetap mematok harga yang tinggi pada pembeli. Seharusnya para penjual menaati kebijakan  pemerintah. .., mereka cenderung melanggar  kebijakan tersebut. Pemerintah akan menindaklanjuti pelanggaran tersebut. …, pemerintah memiliki banyak kendala.

Kata penghubung antarkalimat yang tepat untuk melengkapi bagian yang rumpang adalah….

A.    namun, serta, apabila

B.     namun, sebaliknya, akan tetapi

C.     meskipun, sebaliknya, akan tetapi

D.    namun, sebaliknya, apabila

E.     sebab, serta, akan tetapi

30.  (1) Peneliti Badan Tenaga Nuklir Nasional memanfaatkan radiasi sinar gama di fasilitas iradiator untuk membuat materi genetik sorgum bermutasi. (2) Hasilnya, sorgum cocok ditanam di lahan yang kering sekaligus menjadi sumber pangan dan energi. (3) Ia menanam sorgum di lahan-lahan kering NTB dan NTT dan hasilnya positif. ( 4) Harga sorgum lebih murah daripada harga padi. (5) Ia menghasilkan kwalitas unggul sorgum bernama Pahat.

Kalimat yang menggunakan kata tidak baku terdapat pada nomor….

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)

31.  Kalimat yang tidak padu pada paragraf di atas bernomor….

A.    (1)

B.     (2)

C.     (3)

D.    (4)

E.     (5)







E.        berubah, bermukim, berubah

33.  Cermati paragraf rumpang berikut ini!
Seberapa penting dan menentukannya pelemahan nilai tukar rupiah terhadap kehidupan masyarakat? … berlebihan kalau kita katakan … pengaruh itu tidak ada. Pelemahan nilai tukar yang terus terjadi menimbulkan efek psikologis yang tidak baik. Apalagi, masyarakat pernah merasakan pengalaman pahit … nilai terpuruk sehingga mengakibatkan barang-barang menghilang dari pasaran. … ada, harganya tidak terjangkau lagi.
Kata penghubung yang tepat untuk melengkapi paragraf rumpang tersebut adalah….

A.    Tentu saja, kalau, begitu, barangkali

B.     Tentunya, bahwa, ketika, kalaupun

C.      Namun, bahwa, begitu, bahkan

D.    Namun, ketika, begitu, barangkali

E.     Oleh karena itu, seandainya, selama, ketika

34.  Cermati paragraf berikut!


         Dulu waktu di SMA dia dikenal pendiam. Akan tetapi, sekarang dia malah menjadi aktif kampus di perguruan tinggi tempat dia berkuliah. Karena itu, dia dikenal di kalangan mahasiswa dan dosen.

         Perbaikan yang tepat untuk istilah yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….

A.    aktivitas

B.    aktivis

C.    aktivisme

D.    aktifitas

E.    aktifis

35.  Cermati paragraf rumpang berikut!


Jika amblasnya permukaan tanah di sekitar semburan lumpur Lapindo, pipa air milik PDAM Surabaya patah. Pipa gas milik Pertamina juga meledak bahwa penurunan tanah supaya sebuah SUTET milik PT PLN dan seluruh jaringan telepon dan listrik di empat desa tidak dapat difungsikan.


         Konjungsi yang tepat untuk memperbaiki yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ….

A.    akibat, karena, sehingga

B.    sebab, akibat, maka

C.    karena, sebab, akibat

D.    ketika, karena, maka

E.    jika, sehingga, akibatnya

36.  Cermati paragraf berikut!


         (1) Sekolah menyenangkan adalah sekolah yang memberikan pembelajaran bermakna, bermanfaat, dan relevan dengan kehidupan siswa. (2) Akan tetapi, sekolah tersebut tidak terlepas dari tantangan para guru dan siswa dalam banyak hal. (3) Guru dituntut belajar dan mengembangkan wawasannya. (4) Banyak cara membuat orang kagum terhadap sekolah. (5) Karya-karya guru dan siswa tersebut sebagai salah satu wujud keberhasilan dalam prestasi guru dan siswa.


         Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat nomor (4) agar paragraf tersebut padu
adalah …

A.    Kebanggaan mereka terlihat apabila mereka memiliki keberhasilan.

B.    Tidak sia-sia mereka menghasilkan berbagai aktivitas.

C.    Orang luar akan memandang keberhasilan sekolah dari karya guru.

D.    Siswa diharapkan dapat menghasilkan berbagai karya inovasi pendidikan.

E.    Siswa dan guru sama-sama memiliki kreativitas.

37.  Cermati paragraf berikut!


         Salah satu prosesi adat pernikahan dalam masyarakat Melayu Indragiri Hulu, Riau adalah membacakan "Surat Kapal" yang dikenal juga dengan "Syair Cenderawasih". Syair ini berupa pantun yang khusus dibacakan ketika keturunan bangsawan menikah, baik sesama keturunan bangsawan (raja) maupun satu di antaranya. Isi pantun berupa filosofis perjalanan kapal menganalogikan bagaimana melawan ombak (masalah) dalam perkawinan, riak kecil, dan rintangan lainnya. Berbagai cara yang dilakukan oleh masyarakat untuk berpantun.


         Kalimat yang tepat untuk memperbaiki kalimat bercetak miring adalah …

A.    Sudah seharusnya pemuda Indragiri peduli terhadap kebudayaan tradisional, terutama di lingkungan sendiri.

B.    Begitulah cara masyarakat Melayu Indragiri menyampaikan pantun dengan melihat situasi dan kondisi setempat.

C.    Jadi, pantun dalam masyarakat Melayu Indragiri Hilir digunakan pula dalam acara adat-istiadat setempat.

D.    Dengan demikian, pantun bernilai seni yang baik dan bermanfaat seperti yang tampak di masyarakat Indragiri Hilir tersebut.

E.    Karena itu, pantun di lingkungan masyarakat Melayu Indragiri Hulu dilestarikan oleh generasi di lingkungan mereka.

38.  Cermati kalimat berikut!

Untuk sukses dalam usaha perikanan, ia tekun membaca buku yang berjudul cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau.

Penulisan judul buku yang sesuai dengan ejaan yang berlaku adalah ....

A.    Cara merawat ikan patin dan ikan bandeng di air payau

B.     Cara merawat Ikan patin dan Ikan Bandeng di air payau

C.     Cara Merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng Di Air Payau

D.    Cara merawat Ikan Patin Dan Ikan Bandeng di Air Payau

E.     Cara Merawat Ikan Patin dan Ikan Bandeng di Air Payau

39.  Penggunaan tanda baca titik dua (:) di bawah ini benar, kecuali ….

                      A.       Hanya ada dua pilihan bagi para pejuang kemerdekaan: hidup atau mati.

                      B.       Narasumber           :  Prof. Dr. Rahmat Effendi

Pemandu               :  Abdul Gani, M.Hum.

                             Pencatat                :  Sri Astuti Amelia, S.Pd.

                    C.         Keraf, Gorys. 2015. Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Jakarta: Pusat Bahasa.

                   D.         Ibu             : "Bawa koper ini, Nak!"

Amir          : "Baik, Bu."

                    E.         Sekolah ini masih memerlukan: kursi, meja, dan lemari.

40.  Keberhasilan pasukan koalisi pemerintah membuktikan, bahwa persatuan seluruh komponen menjadi syarat mutlak bagi keberlanjutan Irak.

Kalimat tersebut menggunakan ejaan yang salah karena….

A.    Menggunakan tanda koma sebelum kata bahwa.

B.     kata syarat seharusnya sarat.

C.     kata pemerintah seharusnya Pemerintah

D.    Kata hubung Bahwa seharusnya di awal kalimat.

E.     Tanda koma sebelum bahwa seharusnya titik koma.

Jawablah dengan tepat!

41.  Cermati teks eksplanasi berikut!


Pelangi merupakan suatu fenomena alam yang berupa busur spektrum besar. Pelangi dianggap sebagai gejala optik dan meteorologi yang tampak di langit atau medium lainnya berupa cahaya beraneka warna saling sejajar. Selain terlihat di langit setelah hujan ringan, pelangi juga bisa muncul di air terjun.
Pelangi terlihat karena adanya pembiasan dan penyimpangan cahaya yang menjauhi partikel. Hal tersebut juga terjadi pada efek cahaya lainnya, misalnya warna kemerahan pada langit ketika matahari terbenam.
Karena merupakan efek pembiasaan cahaya, maka pelangi tidak akan terlihat ketika malam hari atau saat sedang mendung.
Pelangi hanya akan tampak apabila antara pengamat dan hujan yang bersamaan dengan matahari yang bersinar berada di sisi yang berlawanan. Antara pengamat, matahari, dan pelangi harus berada dalam satu garis lurus. JIka tidak demikian maka pelangi tidak dapat terlihat.

         Menurut pembagian strukturnya,

a.       paragraf ke-1 termasuk bagian  struktur yang disebut ….

b.      paragraf ke-2 dan ke-3 termasuk bagian struktur yang disebut ….

c.       paragraf ke-4 termasuk bagian struktur yang disebut ….

42. Cermatilah teks berikut!

Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan Di Riau

Kepolisian Daerah Riau terus memburu pelaku pembakaran hutan dan lahan di Riau. Jumlah pelaku yang tertangkap tangan sudah 40 orang. Hasil ini merupakan kerja keras daripada semua pihak. Semuanya sudah diproses dipolres jajaran Polda Riau. Tak hanya perorangan, pihaknya tengah mengusut 4 perusahaan yang diduga membakar lahan dengan sengaja. Perusahaan-perusahaan itu berada di kabupaten Indragiri Hilir.

Identifikasilah penggunaan kata depan dan ejaan yang tidak tepat pada paragraph di atas.!

  1. Perhatikan kutipan cerpen berikut!

Teks 1

(1) Dengan lantang, Tomoki melambaikan tangannya dan memanggil, “Hei Tabi, makanlah bersama kami!” (2) Mata Tabitha menyipit ketika menemukan asal suara cempreng tersebut, lalu melihat ke arah kami berempat. (3) Dengan postur tubuh tegak, dia membuang seluruh isi bentonya ke dalam tong sampah, lalu berjalan menjauh tanpa mengacuhkan kami.        (4) “Wah, sifatnya lebih buruk darimu, Tomo,” Tomoki berkata, tapi tak tampak tersinggung sama sekali. (5) “Kita tidak bisa menolong seseorang yang tidak mau ditolong,” sahut Ryuu sambil mengangkat bahu.

Teks 2

Aku memberi selamat kepada kedua pengantin. Mereka tersenyum kelihatan agak sungkan.

Monggo, Den Yanto, silahkan duduk.”

Aku tertarik pada seorang bocah patah di sebelah Sumarni.

Entah mengapa aku ingin menegurnya. Apakah Karena matanya mirip dengn Sri?

Sopo jenengmu, cah ayu?”tanyaku sambil menjawil pipinya.

“Yanti…,”jawabnya dengan cukup kenes.

            Bandingkan tema dan penggunaan bahasa dari kedua cerpen tersebut!

44. Cermati paragraf berikut!

Bapak dan ibu guru selalu bilang bahwa semua siswa tidak boleh menyontek. Para guru-guru juga akan memberi sangsi jika ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan agar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri.

Perbaikilah kalimat-kalimat di atas sehingga menjadi kalimat yang benar dan efektif!

45.  Cermati kalimat berikut!

a.       Dia mempunyai banyak teman, karena baik hati.

b.      Presiden Jokowi menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Jelaskan alasan kesalahan pada kalimat tersebut dan perbaikilah sehingga sesuai dengan kaidah atau pedoman ejaan bahasa Indonesia!
Kunci Jawaban Soal USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

1.      B

2.      D

3.      E

4.      D

5.      D

6.      E

7.      A

8.      E

9.      C

10.  B

11.  E

12.  B

13.  E

14.  A

15.  E

16.  E

17.  C

18.  D

19.  A

20.  E

21.  E

22.  E

23.  B

24.  B

25.  B

26.  A

27.  A

28.  D

29.  B

30.  E

31.  D

32.  B

33.  B

34.  B

35.  A

36.  E

37.  B

38.  E

39.  E

40.  A

Uraian

41. Struktur teks eksplanasi
a. identifikasi fenomena
b. Proses kejadian
c. ulasan
42. Identifikasilah penggunaan kata depan dan ejaan yang tidak tepat
a. Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan Di Riau (salah).
 Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan di Riau (benar).
b. Hasil ini merupakan kerja keras daripada semua pihak (salah).
 Hasil ini merupakan kerja keras semua pihak (benar).
 c. Semuanya sudah diproses dipolres jajaran Polda Riau (salah)
 Semuanya sudah diproses di Polres Jajaran Polda Riau (benar)
43. Perbandingan dua teks
a. Teks 1 bertema sosial, yaitu tentang sikap seseorang dalam pergaulan. Bahasa yang digunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Tidak menggunakan bahasa daerah.
b. Teks 1 bertema budaya yaitu upacara pernikahan. Bahasa yang digunakan tercampuri bahasa Daerah/Jawa.
44. Perbaikan kalimat
Kalimat tidak efektif: Bapak dan ibu guru selalu bilang bahwa semua siswa tidak boleh menyontek. Para guru-guru juga akan memberi sangsi jika ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan agar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri. 
Perbaikan (kalimat efektif) Bapak dan ibu guru selalu mengatakan bahwa semua siswa tidak boleh mencontek. Para guru juga akan memberi sanksi jika ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan agar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri. 
45. Memperbaiki kalimat dan memberikan alasan yang tepat.
Kalimat awal

c.       Dia mempunyai banyak teman, karena baik hati.

d.      Presiden Jokowi menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Perbaikan kalimat

a.       Dia mempunyai banyak teman karena baik hati.

Alasan: tanda koma (,) tidak digunakan jika induk kalimat mendahului anak kalimat.

b.      Presiden Jokowi menandatangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Alasan: kata gabung yang mendapatkan awalan dan akhiran ditulis serangkai.

 Kunci Jawaban Soal USBN Bahasa Indonesia Kurikulum 2013

1.      B

2.      D

3.      E

4.      D

5.      D

6.      E

7.      A

8.      E

9.      C

10.  B

11.  E

12.  B

13.  E

14.  A

15.  E

16.  E

17.  C

18.  D

19.  A

20.  E

21.  E

22.  E

23.  B

24.  B

25.  B

26.  A

27.  A

28.  D

29.  B

30.  E

31.  D

32.  B

33.  B

34.  B

35.  A

36.  E

37.  B

38.  E

39.  E

40.  A

Uraian

41. Struktur teks eksplanasi

a. identifikasi fenomena

b. Proses kejadian

c. ulasan

42. Identifikasilah penggunaan kata depan dan ejaan yang tidak tepat

a. Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan Di Riau (salah).

 Polisi Memburu Pelaku Pembakaran Hutan di Riau (benar).

b. Hasil ini merupakan kerja keras daripada semua pihak (salah).

 Hasil ini merupakan kerja keras semua pihak (benar).

 c. Semuanya sudah diproses dipolres jajaran Polda Riau (salah)

 Semuanya sudah diproses di Polres Jajaran Polda Riau (benar)

43. Perbandingan dua teks

a. Teks 1 bertema sosial, yaitu tentang sikap seseorang dalam pergaulan. Bahasa yang digunakan bahasa yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia. Tidak menggunakan bahasa daerah.

b. Teks 1 bertema budaya yaitu upacara pernikahan. Bahasa yang digunakan tercampuri bahasa Daerah/Jawa.

44. Perbaikan kalimat

Kalimat tidak efektif: Bapak dan ibu guru selalu bilang bahwa semua siswa tidak boleh menyontek. Para guru-guru juga akan memberi sangsi jika ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan agar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri.

Perbaikan (kalimat efektif) Bapak dan ibu guru selalu mengatakan bahwa semua siswa tidak boleh mencontek. Para guru juga akan memberi sanksi jika ada siswa yang berbuat curang. Hal ini dilakukan agar para siswa berlatih jujur dan lebih percaya diri.

45. Memperbaiki kalimat dan memberikan alasan yang tepat.

Kalimat awal

c.       Dia mempunyai banyak teman, karena baik hati.

d.      Presiden Jokowi menanda tangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Perbaikan kalimat

a.       Dia mempunyai banyak teman karena baik hati.

Alasan: tanda koma (,) tidak digunakan jika induk kalimat mendahului anak kalimat.

b.      Presiden Jokowi menandatangani perjanjian bilateral dengan Jepang.

Alasan: kata gabung yang mendapatkan awalan dan akhiran ditulis serangkai. 

UNDUH FILE SOAL USBN BAHASA INDONESIA SMA/MA KURIKULUM 2013 KLIK https://drive.google.com/open?id=1Grm6UVbR1LaIkScVAC5VFb39JElLmAm7

Baca juga
Soal dan kunci jawaban USBN Bahasa Indonesia SMA/MA Kurikulum 2006 Klik https://cakedukasi.blogspot.com/search?q=contoh-soal-usbn-bahasa-indonesia-sma


Sumber https://zuhriindonesia.blogspot.com/