Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengganti Template Blogger Terlengkap Untuk Pemula


Cara mengganti template blog blogger terlengkap untuk pemula ini merupakan lanjutan dari postingan saya sebelumnya mengenai “panduan belajar blogger dari nol hingga mandiri untuk pemula” yang akan terus saya update di waktu mendatang, jadi jangan lewatkan.

Jika kalian tidak ada waktu dan ingin mendapatkan update artikel dari unix blog kom ini silahkan daftarkan email kalian karena saya akan mengirim daftar postingan terbaru ke email anda.


Pada pertemuan kali ini saya akan memberikan panduan mengenai cara paling mudah mengganti template bawaan blogger dengan template miliki kita sendiri baik dari download gratis maupun membeli.

Jika kalian belum memiliki blog bisa daftar blogger disini : Panduan Belajar Blogger Dari Nol Hingga Mandiri Untuk Pemula (Bagian: 1)

Berikut ini daftar isi yang akan kita bahas:

  1. Mengapa Template Blogger Harus Diganti? (Opsional)
  2. Cara Mencari dan Mendownload Template Keren Secara Gratis Maupun Berbayar
  3. Tips Memilih Template
  4. Cara Paling Mudah Mengganti Template Blog Bawaan Blogger
  5. Keuntungan Menggunakan Template Berbayar

Mengapa template bawaan blogger harus diganti?


Sebenarnya merubah dan mengganti template tidak wajib untuk sebagain blogger terutama jika blog yang dimiliki sudah menggunakan template bawaan yang responsiv dari platform yang Ia gunakan baik blogspot maupun wordpress.

Kalangan yang mengganti template biasanya merupakan kalangan yang ingin memonetasi blognya agar lebih terlihat professional.

Tampilan blog yang terlihat professional memiliki banyak manfaat diantaranya : dapat meningkatkan pengunjung, lebih SEO, lebih nyaman dipandang dan tentunya akan meningkatkan pendapatan untuk si pemilik blog tersebut. Tak kecuali blog yang di bangun untuk ecomerse.

Sewaktu kita membuat blog di blogger sebenarnya saat itu juga kita sudah di sediakan beberapa template mulai dari yang sederhana sampai yang medium dengan beberapa genre.

Seperti template tampilan sederhana, dinamis, jendela gambar, PT keren sekali, tanda air, kelembutan, dan perjalanan.


Dengan template sederhana tersebut pun Kalian dapat merubah tampilannya dengan sangat mudah jika mengerti bahasa HTML, CSS, dan javascript.

Namun masalahnya tidak semua blogger mengerti HTML, CSS, dan Javascript sehingga jalan keluarnya adalah mencari template dari pihak ketiga baik yang free maupun yang membayar.

Untuk itulah dalam pos ini juga saya cantumkan bagaimana cara mencari situs yang menyediakan template, bagaimana mendownloadnya, dan bagaimana mempersiapkan template yang sudah di download tersebut agar siap pakai di blog.

Cara mencari dan mendownload template blogger



Banyak situs di internet yang menyediakan template yang bisa di download dengan mudah mulai dari situs dalam dan luar negeri.

Untuk mempermudah anda dalam mencari, saya sudah menyediakan daftar situs maupun blog yang menyediakan template yang bisa kalian download disana.

Kalian juga bisa memilih mau yang free atau yang berbayar, berikut daftarnya:

Penyedia template dalam negeri
1. Sugeng.id
2. oketheme.com
3. goblog.com
4. Arlina Design (Pembuatnya wanita, cocok untuk blogger cewek)
5. Mastemplate

Kalo saya sih suka dengan yang no. 2 karena disana disediakn berbagai macam template dengan genre berbeda. Blog saya yang lain juga menggunakan template berbayar dari oketheme yang sangat responsive.



Template yang kalian download akan berformat .zip untuk itu ekstraklah terlebih dahulu, jika sudah ekstrak maka kalian akan menemukan banyak file didalam folder hasil ekstrak, cari yang berkestensi. xml karena itulah templatenya.

Saran saya belilah template jangan gunakan yang gratis karena banyak kekurangannya. Namun jika anda masih ragu silahkan coba yang gratis dulu baru kemudian diupgrate ke versi bayar.

Selain oketheme, template yang disediakan oleh mas sugeng di situsnya juga cukup bagus dan harganya cukup murah. yaitu dikisaran 100rb, namun dengan jumlah yang terbatas.

Mungkin mas sugeng membuat template seorang diri jadi hanya bisa menyediakan template dalam jumlah yang terbatas.

Setelah melihat-lihat daftar template buatan anak negeri sekarang kalian bisa mencari referensi lain terutama dari luar negeri, berikut daftarnya:

Penyedia template luar negeri:

1. mojo-theme.com
2. Gooyaabitemplate.com
3.Template.net
4. Btemplate.com
5. Soratemplate.com
6. Blogcrows.com

Jika kalian suka dengan desain sederhana namun tetap responsive maka pilihan nomor 6 cocok buat kalian.

Tips Memilih Template


Setelah melihat-lihat beraneka ragam template yang di sediakan oleh vendor baik dalam maupun luar negeri anda bingung mau memilih yang mana? semuanya bagus, semuanya keren!.....

Jika anda bingung dengan template yang ada, maka ada baiknya anda membaca tips berikut ini untuk memilih template.

Memilih template tidak boleh sembarangan kalau tidak template yang di pasang dengan tujuan meningkatkan jumlah pengunjung malah akan menjadi bumerang bagi blog anda dan ujung-ujungnya sepi pengunjung.

Pemilihan template harus memperhatikan beberapa pertimbangan sehingga template yang digunakan pas buat blog anda. Berikut tipsnya:

1. Pilih template yang sesuai dengan jenis blog anda

Begini maksud saya, jika blog anda membahas seputar dunia pendidikan gunakanlah template yang memiliki warna, navigasi, dan struktur yang mencerminkan dunia pendidikan bukan sebaliknya.

Misalkan anda mengunakan template dengan warna pink ada gambar bunga-bunga dan banyak menampilkan iklan itu tidak cocok buat blog pendidikan anda, malah norak.

Mungkin cocoknya untuk anak tk tapi masalahnya memang anak tk sudah bisa searching?

Bisa kok!

Iya, mereka bukan mencari artikel namun mencari game dan hal-hal yang menarik buat mereka yang ada hubungannya dengan permainan. Betul gak?.

2. Pilih template yang ringan saat loading

Percaya atau tidak loading blog atau website yang lama akan membuat jengkel pengunjung blog anda sehingga mereka akan berpikir ulang untuk kembali mengunjungi blog anda di kemuadian hari. sayang kan.

3. Cari yang menarik buat Anda dan pengunjung

Template yang sederhana memang bagus karena ringan, namun jika terlalu sederhana kurang menarik untuk di pandang .

Oleh sebab itu, pilihlan template yang ringan namun tetap menarik buat anda dan pengunjung blog anda.

4. Pilih yang berbayar

Anda harus realistis, pasti yang berbayar memiliki performa yang lebih baik dari pada yang free bukan.

Jadi saran saya pilih template yang berbayar, toh kita hanya perlu membelinya satu kali untuk seumur hidup jika di hitung-hitung uang yang kita keluarkan untuk membeli template akan terbayar dari hasil monetasi blog kita nantinya. Jadi jangan ragu membeli yang berbayar.

Jika anda sulit menemukan template berbayar yang aman dan tidak membuat penyesalan silahkan beli di oketheme.

Jika suatu saat ada masalah anda bisa komplain ke oketheme karena ini buatan anak dalam negeri bandingkan jika kalian beli dari luar negeri mungkin anda harus pintar berbahsa inggris jika ingin mengajukan komplain.

Cara Mengganti Template Blogger


Setelah Anda sudah mempunyai template dari hasil download, sekarang saatnya untuk memasang template tersebut untuk menggantikan template lama.

Untuk jaga-jaga silahkan download dulu template lama anda supaya apabila ada hal-hal yang tidak diinginkan seperti error, mati lampu, habis baterai dan sebagainya template anda sudah tersimpan.

Sekarang saatnya eksekusi template baru anda, berikut langkahnya:

1. Masuk ke  akun blogger Anda
2. Pilih menu Template
3. Klik Cadangkan Pulihkan


4. Pada bagian selanjutnya anda akan mendapat beberapa opsi
5. Untuk mendownload template lama, klik “Unduh template lengkap”
6. Untuk memasang template baru, klik “browser”
7. Pilih template yang sudah anda download di komputer Anda.


File template berekstensi .xml, jangan pilih yang lain, lalu klik open. berikut contohnya

8. Klik unggah/upload,  tunggu hingga proses selesai.
9. Jika lancar, maka template baru anda sudah dapat di lihat hasilnya.

10. Selesai, mudah bukan!

Template yang saya gunakan di atas adalah yang Versi gratis.

Saran dari saya gunakanlah template yang berbayar dengan cara membelinya, murah kok paling hanya kisaran Rp.100rb. Atau bisa kurang.

Jika kalian mengunakan template gratis ada kemungkinan memiliki banyak kekurangan fitur, namun jika kalian membeli yang pro maka semua fitur bisa kalian nikmati.

Selain itu template yang kalian beli akan di support oleh pemiliknya jadi jika ada update baru kalian akan diberi tahu.

yang menjadi poin pentinga adalah, template berbayar akan meningkatkan performa dan daya tarik blog anda terutama blog yang anda buat dengan tujuan mencari uang atau ecomerse.

Oke itulah pembahasan seputar cara mengganti template blogger yang bisa saya sajikan untuk anda, semoga postingan saya ini bisa membantu sobat untuk mengganti template blog blogger sehingga blog yang anda miliki memiliki tampilan yang sesuai harapan anda.

Jika artikel ini dirasa bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian supaya mereka bisa mengetahui juga, dan jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan komentar.

Kalau ingin mendapatkan update terbaru dari blog ini silahkan daftarkan email kalian gratis dan saya akan mengirimkan ke email anda jika saya membuat artikel baru.

Terimakasih sudah berkunjung.
Sumber http://poliskom.blogspot.com/