Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Serial Tokoh Pendidikan: Ivan Illich

Pemaparan perihal ajaran Ivan Illich oleh Dr. Fahruddin Faiz, MA ini terdiri dari tujuh kepingan berikut.
1. Ivan Illich (2)
2. Ivan Illich (3)
3. Ivan Illich (4)
4. Ivan Illich (5)
5. Ivan Illich (6)
6. Ivan Illich (7)

Biografi Ivan Illich

 

Ivan Illich (/ɪˈvɑːn ˈɪlɪtʃ/; lahir 4 September 1926 – meninggal 2 Desember 2002 pada umur 76 tahun) yakni seorang filsuf Austria, pastor Nasrani Roma, dan seorang "pengkritik sosial yang tidak konvensional" dari lembaga-lembaga budaya Barat kontemporer dan pengaruhnya terhadap sumbernya serta dalam praktik pendidikan, kedokteran, kerja, penggunaan energi, transportasi, dan pembangunan ekonomi.

Kehidupan pribadi
Illich lahir di Wina dari ayah Nasrani Kroasia, seorang insinyur Ivan Illich Peter, dan ibu Yahudi Sefardim, Ellen née Regenstreif-Ortlieb. Nenek dari ibunya berasal dari Texas. Illich menguasai bahasa Italia, Spanyol, Perancis, dan Jerman sebagai bahasa asli. Ia kemudian berguru bahasa Kroasia, dari bahasa kakeknya, ditambah bahasa Yunani Kuno dan Latin, di samping Spanyol, Portugis, Hindi, Inggris, dan lainnya. Ia berguru histologi dan kristalografi di University of Florence (Italia) serta teologi dan filsafat di Universitas Kepausan Gregoriana di Roma (1942-1946), dan sejarah era pertengahan di Salzburg.

Ia menulis disertasi yang berfokus pada sejarawan Arnold Toynbee J. dan akan kembali ke subjek dalam tahun-tahun terakhirnya. Pada tahun 1951, ia "mendaftar untuk menjadi pastor paroki di salah satu lingkungan termiskin di New York - Washington Heights, di ujung utara Manhattan, dan segera meninggalkan kawasan imigran Puerto Rico memakai pesawat." Pada tahun 1956, di usia 30, ia diangkat sebagai wakil rektor Universitas Nasrani Puerto Rico, "posisi yang berhasil menjaga selama beberapa tahun sebelum dikeluarkan -Illich hanya sedikit terlalu keras dalam kritiknya terhadap pernyataan Vatikan perihal pengendalian kelahiran dan perilaku masbodoh terkait bom nuklir." Di Puerto Rico, Illich bertemu dengan Everett Reimer, dan keduanya mulai menganalisis fungsi mereka sendiri sebagai "pendidikan" para pemimpin. Pada tahun 1959, ia melaksanakan perjalanan di seluruh Amerika Selatan dengan berjalan kaki dan dengan naik bus.

Pada tahun 1961, Illich mendirikan Centro de Documentación Intercultural (fr) (ClDOC, atau Pusat Dokumentasi Antarbudaya) di Cuernavaca, Meksiko, yang seperti sebuah kursus bahasa yang memperlihatkan sentra penelitian untuk misionaris dari Amerika Utara dan relawan dari Aliansi untuk agenda Kemajuan diinisiasi oleh John F. Kennedy. Niat aslinya yakni untuk mendokumentasikan partisipasi Vatikan dalam "perkembangan modern" dari apa yang disebut Dunia Ketiga. Illich menaruh kecurigaan pada belas kasihan liberal atau keangkuhan konservatif yang memotivasi naiknya perkembangan industri global.

Konsep
Melawan produktivitas
Gagasan utama Ivan Illich yakni konsep counterproductivity (Melawan produktivitas): saat lembaga-lembaga masyarakat industri modern menghambat tujuan yang ditargetkan mereka. Misalnya, Ivan Illich menghitung bahwa, di Amerika pada 1970-an, kalau Anda menambahkan waktu yang dihabiskan untuk bekerja untuk mendapat uang untuk membeli mobil, waktu yang dihabiskan di dalam kendaraan beroda empat (termasuk kemacetan kemudian lintas), waktu yang dihabiskan dalam perawatan kesehatan . industri sebab kecelakaan mobil, waktu yang dihabiskan di industri minyak untuk materi bakar kendaraan beroda empat ... dll, dan Anda membagi jumlah kilometer yang ditempuh per tahun itu, Anda mendapat perhitungan sebagai berikut: 10000 km per tahun per orang dibagi dengan 1600 jam per tahun per Amerika sama dengan 6 km per jam. Makara kecepatan konkret kendaraan beroda empat akan menjadi sekitar 3,7 mil per jam.

Specific diseconomy
Diseconomy khusus yakni istilah lain yang dipakai Illich sebagai ukuran tingkat counterproductivity kelembagaan yang terjadi, mengacu pada tingkat yang sempurna ibarat misalnya, industri medis menginduksi penyakit, forum pendidikan mendorong kebodohan, sistem peradilan melanggengkan ketidakadilan, atau pertahanan nasional sanggup membuat bangsa kurang aman. Ketika diseconomy tertentu semakin meningkat, ini berarti sebuah forum atau industri semakin kontraproduktif dengan niat aslinya.


Monopoli radikal
Dia menemukan konsep monopoli radikal: saat medium secara teknis atau sepertinya lebih efektif, itu kemudian membuat monopoli yang menolak jalan masuk ke media lain. Konsumsi wajib dari medium yang memakai banyak energi (misalnya transportasi bermotor) mempersempit hasil dari nilai pakai (kemampuan angkutan bawaan).

Dengan "monopoli radikal" Maksudku dominasi satu jenis produk bukan dominasi satu merek. Saya berbicara perihal monopoli radikal saat salah satu produksi industri berproses dalam latihan kontrol langsung atas kepuasan kebutuhan yang mendesak, dan tidak termasuk acara nonindustrial dari kompetisi.

Keramahan
Illich bekerja untuk membuka kemungkinan-kemungkinan baru. Illich mencurahkan satu kepingan dari Bebaskan Masyarakat atas usulan untuk kelahiran kembali Epimethean Man. Dia beropini bahwa kita membutuhkan alat yang ramah dibandingkan dengan mesin. Alat mungkin mempunyai banyak aplikasi, beberapa sangat berbeda dari penggunaan awal yang dimaksudkan. Sebuah alat sanggup dianggap sebagai ungkapan penggunanya. Kebalikan dari mesin, di mana insan menjadi hamba yang tugas mereka hanya terdiri dari menjalankan mesin untuk satu tujuan.

Sumber
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas