Sendimat (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) V-2017
Sertifikat Pemakalah Sendimat V |
Pada SeNdiMAt (Seminar Nasional Pendidikan Matematika) V-2017, aku membawakan makalah dengan judul EFEKTIVITAS KOMUNITAS MATEMATIKA NUSANTARA (MN) DALAM MENGGERAKKAN PENGEMBANGAN KEPROFESIAN BERKELANJUTAN (PKB) DENGAN MODA DARING MENGGUNAKAN GABUNGAN MOODLE DAN TELEGRAM. Matematika Nusantara ialah organisasi profesi yang sudah berbadan aturan yang beranggotakan guru-guru matematika senusantara dari semua jenjang serta pegiat-pegiat matematika.
Program utama Matematika Nusantara yang sering disingkat MN ialah diklat daring dari dan untuk anggota. Instruktrur yang sering kami sebut mentor berasal dari anggota MN dan diklat diperuntukkan untuk anggota MN. Walau begitu, kadang diklat juga untuk kalangan umum jika materinya umum, tidak menyangkut matematika. Diklat yang diselenggarakan oleh MN itu bertujuan untuk memenuhi PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan).
Kegiatan diklat itu dibutuhkan sistem dan kami sudah berbagi sistem dengan moda daring, memakai LMS (Learning Management System) Moodle yang sudah sangat dikenal. Selain itu dibantu dengan media umum telegram. Efektivitas sistem itulah yang aku uji dalam penelitian ini. Berikut ini ialah ajaib makalah tersebut.
EFEKTIVITAS KOMUNITAS MATEMATIKA
NUSANTARA (MN) DALAM MENGGERAKKAN
PENGEMBANGAN KEPROFESIAN
BERKELANJUTAN (PKB) DENGAN MODA
DARING MENGGUNAKAN GABUNGAN
MOODLE DAN TELEGRAM
Moch. Fatkoer Rohman
Matematika Nusantara, Tanjung, Lombok Utara, fatkoer@matematikanusantara..id
Nusantara (MN) dalam menggerakkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) dengan moda daring memakai adonan Moodle Telegram. Selain itu juga untuk mengetahui tingkat kepuasan subyek penelitian terhadap diklat dalam jaringan yang diselenggarakan oleh komunitas Matematika Nusantara (MN). Subyek penelitian ialah akseptor diklat Geogebra Dasar yang diselenggarakan oleh Matematika Nusantara (MN) dalam jaringan pada tanggal 24 April – 12 Mei 2017 contoh 38 jam pelajaran. Teknik pengumpulan data yang dipakai ialah tes dan angket. Berdasarkan teknik pengumpulan data tersebut maka instrumen yang dipakai ialah soal dalam jaringan dan daftar pertanyaan. Analisis yang dipakai untuk mengolah data yang diperoleh dari teknik tes ialah uji-t, yaitu membandingkan nilai tes simpulan dan tes awal, sedangkan untuk mengukur tingkat efektifitasnya dipakai analisis Effect Size. Untuk mengolah data yang diperoleh dari angket dipakai analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) . Penggunaan Moda adonan LMS Moodle dan Media Sosial Telegram yang dikembangkan oleh Matematika Nusantara terbukti efektif untuk meningkatkan kompetensi guru matematika bahan Geogebra Dasar dengan tingkat efektifitas tinggi. Adapun nilai rerata tes awal 58,2 dan rerata tes simpulan 83,9 dengan angka efektivitas 1,85 (kategori tinggi) (2) Peserta merespon dengan kategori sangat puas terhadap diklat yang diselenggarakan oleh komunitas Matematika Nusantara.
Kata Kunci. Komunitas, Matematika Nusantara, PKB, Moodle, Telegram.Makalah lengkap sanggup Andah unduh melalui tautan di bawah ini