Tafsir Al Muharrar Al Wajiz
Nama Mufassir
Pengarangnya yaitu Abu Muhammad, Abdul Haq bin Ghalib bin ‘Athiyyah al-Andalusi, al-Hafizh, al-Qadhi, al-‘Allamah.
Nama Kitab
Ia menamakan kitab tafsirnya‘al-Wajiz Fi Tafsir al-Kitab al-‘Aziz’.’
Spesifikasi Umum Kitab
Pengarang meringkasnya dari semua kitab-kitab tafsir (yakni Tafsir al-Manqul) dan selalu mencari yang lebih bersahabat kepada keshahihan dari kitab-kitab tersebut, menafsirkan ayat dengan gaya bahasa yang manis dan gampang serta aneka macam menukil dari Ibn Jarir (ath-Thabari).
Aqidahnya
Beliau seorang Mu’awwil Asy’ari (suka menakwil ayat, berpaham Asyariah), membela takwil yang dilakukan Imam al-Asy’ari dan berargumentasi dengannya.
Syaikhul Islam, Ibn Taimiyah mengomentari mengenainya, “Tafsir Ibn ‘Athiyyah dan semisalnya lebih mengikuti as-Sunnah dan al-Jamaah serta lebih selamat dari bid’ah ketimbang tafsir az-Zamakhsyari. Andaikata ia menyebutkan ucapan para ulama Salaf yang terdapat di dalam tafsir-tafsir bil Ma’tsur dengan semestinya tentu lebih baik dan bagus, alasannya yaitu aneka macam ia menukil dari tafsir Muhammad bin Jarir ath-Thabari -yang merupakan kitab tafsir bil Ma’tsur paling agung dan paling berkualitas-. Hanya saja, kemudian ia meninggalkan nukilan Ibn Jarir dari ulama Salaf, tidak meriwayatkannya sama sekali! Lalu menyebutkan apa yang diklaimnya sebagai ucapan Muhaqqiqin (ulama peneliti). Yang dimaksudnya mengenai mereka itu yaitu kelompok Ahli Kalam yang menetapkan pokok-pokok anutan mereka dengan cara yang sejenis dengan penetapan ala kaum Mu’tazilah terhadap pokok-pokok anutan mereka. Sekali pun, mereka lebih bersahabat kepada as-Sunnah ketimbang Mu’tazilah. ” (Muqaddimah Fi Ushul at-Tafsir, hal.90)
Sikapnya Terhadap Hadits Dan Sanad
Beliau mengetengahkan perkataan-perkatan yang Ma’tsur tanpa menyebutkan sanad-sanadnya, dan menentukan darinya dengan tanpa memperbanyaknya, terkadang melemahkan sebagiannya.
Sikapnya Terhadap Hukum-Hukum Fiqih
Beliau menyebutkan pendapat-pendapat ulama fiqih dari kalangan Salaf dalam duduk perkara fiqih, mengarahkannya dan menentukan darinya apa yang berdasarkan pandangannya benar, menguatkannya dengan tanpa memperpanjang lebar atau mengurangi. Beliau juga menyebut ijma’ ulama dalam hal itu, jikalau ada.
Sikapnya Terhadap Qira’at
Beliau aneka macam membahas mengenai Qira’at dan berdasarkannya, ia menurunkan makna-makna yang beragam.
Sikapnya Terhadap Israiliyyat
Beliau menukil sebagian Isra’iliyyat dari Wahb bin Munabbih dan as-Suddi, kemudian menanggapi sebagiannya dengan melemahkannya.
Sikapnya Terhadap Sya’ir, Nahwu Dan Bahasa
Beliau termasuk jago Nahwu yang amat kompeten, selalu merujuk kepada bahasa Arab saat mengarahkan sebagian makna. Beliau sangat memperhatikan produk-produk Nahwu, penyebutan Syawahid Adabiyyah (pendukung-pendukung yang diambil dari bait-bait syair/sastra) untuk ungkapan-ungkapan tertentu.
Isi Kitab
Dalam kajian kitab Tafsir Al Muharrar Al Wajiz terdiri dari 17 Juz sanggup dikelompokkan sebagai berikut:
JUZ | AWAL PEMBAHASAN | AKHIR PEMBAHASAN |
1 | Mukaddimah Mushannif | ومن اظلم ممن كتم شهادة عنده من الله |
2 | تسفيه قول اللذين اعترضوا على تحويل القبلة | لايكلف الله نفسا الا وسعها |
3 | تفسير سورة أل عمران | ختم سورة ال عمران |
4 | تفسير سورة النساء | يستفتونك قل الله يفتيكم فى الكلالة |
5 | تفسير سورة المائدة | خواتم سورة المائدة |
6 | تفسير سورة الأنعام | قل اغير الله آبغى ربا وهو رب كل شئ ولاتكسب كل نفس الا عليها |
7 | المص كتاب آنزل اليك | وإذا قرئ القرأن فاستمعوا له وانصتوا لعلكم ترحمون |
8 | يسئلونك عن الانفال | واذاماآنزلت سورة نضر بعضم الى بعض هل يراكم من آحد ثم انصرفوا |
9 | الر تلك ايات الكتاب الحكيم | لقد كان فى قصصهم عبرة لأولى الألباب |
10 | سورة الرعد | ان اللذين امنوا وعملوا الصالحات |
11 | سورة مريم | لاتجعلوا دعاء الرسول بينكم كدعاء بعضكم بعضا |
12 | سورة الفرقان | فيومئذلاتنفع الذين ظلموا معذرتهم ولاهم يستعتبون |
13 | تفسير سورة لقمان | فكفروا به فسوف يعلمون |
14 | تفسير سورة ص | وقيل اليوم ننسيكم كما نسيتم لقاء يومكم هذا |
15 | تفسير سورة الاحقف | وآخرى تحبونها نصر من الله وفتح قريب وبشر المومنين |
16 | يسبح لله ما فى السموات وما فى الارض | قل آعوذ برب الناس |