Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kisi-Kisi Usbn Seni Budaya (Musik) Smp/Mts Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim berguru pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para penerima didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menuntaskan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan kependekan USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya yaitu dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, semoga proses berguru yang kita lakukan sanggup lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN Seni Budaya (Musik) SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

A. TEORI
Level Kognitif 
Lingkup Materi : Teknik Vokal; Bentuk-Bentuk Penyajian Vokal; Teknik Dasar Bermain Instrumen Musik; Bentuk-Bentuk Penyajian Instrumen Musik.
Pengetahuan dan Pemahaman:
  1. Mendefinisikan
  2. Menjelaskan
  3. Mendeskripsikan
  4. Menentukan
  5. Mengidentifikasi
  6. Mengklasifikasikan
Peserta didik sanggup memahami dan menguasai pengetahuan tentang:
  • konsep dasar bernyanyi satu suara
  • konsep dasar bernyanyi dengan dua bunyi atau lebih
  • teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
  • teknik dan gaya menyanyi lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal maupun kelompok
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal
  • bernyanyi satu bunyi secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • bernyanyi dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • bernyanyi lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • lagu degan pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • lagu dengan pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis dalam bentuk kelompok vokal
  • konsep dasar permainan alat musik sederhana
  • konsep dasar ansamble musik
  • teknik permainan salah satu alat musik tradisional
  • konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer
  • permainan alat musik sederhana secara perorangan
  • permainan ansamble musik
  • permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • permainan ala-talat musik tradisional secara berkelompok
  • pertunjukan musik populer
Aplikasi
  1. Menemukan inspirasi dan gagasan
  2. Merancang/menyusun/mendesain
  3. Menginterprestasikan
  4. Mengekspresikan
  5. Mengkreasikan
  6. Merencanakan
Peserta didik sanggup mengaplikasikan tentang:
  • teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
  • teknik dan gaya menyanyi lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal maupun kelompok
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal
  • bernyanyi satu bunyi secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • bernyanyi dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • bernyanyi lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • lagu degan pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • lagu dengan pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis dalam bentuk kelompok vokal
  • permainan alat musik sederhana
  • permainanan ansamble musik
  • teknik permainan salah satu alat musik tradisional
  • konsep, bentuk, dan ciri-ciri musik populer
  • permainan alat musik sederhana secara perorangan
  • permainan ansamble musik
  • permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • permainan ala-talat musik tradisional secara berkelompok
  • pertunjukan musik populer 
Penalaran
  1. Membandingkan
  2. Menganalisis
  3. Mengevaluasi
  4. Mengkritisi
  5. Merumuskan
  6. Menyimpulkan
Peserta didik sanggup memakai logika tentang:
  • teknik dan gaya menyanyi lagu-lagu daerah
  • teknik dan gaya menyanyi lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal maupun kelompok
  • bernyanyi satu bunyi secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • bernyanyi dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • bernyanyi lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • teknik permainan salah satu alat musik tradisional
  • konsep, bentuk, dan ciriciri musik populer
  • permainan alat musik sederhana secara perorangan
  • permainan ansamble musik
  • permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • permainan ala-talat musik tradisional secara berkelompok
  • teknik pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis lagu dalam bentuk kelompok vokal
  • lagu degan pengembangan ornamentasi melodis dan ritmis dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • lagu dengan pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis dalam bentuk kelompok vokal
  • pertunjukan musik populer
B. PRAKTIK
Level Psikomotor
LingkupMateri : Teknik Vokal Teknik Dasar; Bermain Instrumen Musik
Imitasi
  1. Menyalin
  2. Mengulangi
  3. Mengikuti
  4. Mencontoh
Peserta didik bisa menirukan:
  • lagu dengan satu bunyi secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • lagu dengan dua bunyi atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
  • lagu-lagu tempat yang sesuai dengan teknik dan gayanya sesuai dialektika atau intonasi kedaerahan
  • lagu-lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • teknik bermain alat musik sederhana secara perorangan
  • teknik bermain ansamble musik sejenis dan campuran
  • teknik bermain salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • teknik bermain alat-alat musik tradisional secara berkelompok
Manipulasi
  1. Menerapkan
  2. Mengoperasikan
  3. Membangun
  4. Mencoba
Peserta didik mamput memanipulasi:
  • lagu dengan satu bunyi secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • lagu dengan dua bunyi atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
  • lagu-lagu tempat yang sesuai dengan teknik dan gayanya
  • lagu-lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • teknik bermain alat musik sederhana secara perorangan
  • teknik bermain ansamble musik sejenis dan campuran
  • teknik bermain salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • teknik bermain alat-alat musik tradisional secara berkelompok
  • teknik bermain karya-karya musik terkenal dengan vokal dan atau alat musik secara individual
Presisi
  1. Menyelesaikan
  2. Memperbaiki
  3. Mengontrol
  4. Menyajikan
Peserta didik bisa menyajikan:
  • lagu dengan satu bunyi secara berkelompok dalam bentuk unisono
  • lagu dengan dua bunyi atau lebih dalam bentuk kelompok vokal
  • lagu-lagu tempat yang sesuai dengan teknik dan gayanya sesuai dialektika atau intonasi kedaerahan
  • lagu-lagu tempat dengan dua bunyi atau lebih secara berkelompok
  • permainan alat musik sederhana secara perorangan
  • permainan ansamble musik sejenis dan campuran
  • permainan salah satu alat musik tradisional secara perorangan
  • permainan alat-alat musik tradisional secara berkelompok
  • permainan karya-karya musik terkenal dengan vokal dan atau alat musik secara individual
  • hasil pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis musik terkenal dalam bentuk ansambel
Artikulasi
  1. Memecahkan
  2. Mengintegrasikan
  3. Memodifikasi
  4. Merevisi
  5. Mengadaptasi
Peserta didik bisa mengartikulasi:
  • ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal
Peserta didik bisa mengartikulasi:
  • hasil pengembangan ornamentasi ritmis maupun melodis musik terkenal dalam bentuk ansambel
Naturalisasi
  1. Membangun
  2. Mengelola
  3. Mendesain
  4. Membuat
  5. Menentukan
Peserta didik bisa menaturalisasi:
  • ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk vokal solo/tunggal
  • ornamentasi ritmis maupun melodis lagu dalam bentuk kelompok vokal
  • ornamentasi ritmis maupun melodis musik terkenal dalam bentuk ansambel
Untuk mendapat Kisi-kisi USBN Seni Budaya (Musik) SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 selengkapnya, silahkan bisa di lihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:



Demikian ulasan wacana Kisi-Kisi USBN Seni Budaya (Musik) SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun 2019. Terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

BACA JUGA:





Sumber https://pabaiq.blogspot.com/