Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kisi-Kisi Usbn Pjok Smp/Mts Kurikulum 2013 T.P. 2018/2019

Bismillah...

Sahabat baiq yang berbahagia. Musim berguru pada tahun pelajaran 2018/2019 akan segera berakhir. Bagi para penerima didik Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) kelas sembilan (IX) tentunya akan dihadapkan pada beberapa tahapan ujian yang harus di ikuti untuk menuntaskan proses pembelajaran pada jenjang ini. Satu diantaranya yaitu Ujian Sekolah Berstandar Nasional atau lebih dikenal dengan abreviasi USBN. Dari tahun ketahun pemerintah tentunya selalu berupaya untuk meningkatkan kualitas ujian, yang salah satunya yaitu dengan meningkatkan kualitas soal yang diujikan pada pelaksanaan baik USBN maupun Ujian Nasional. Untuk itu, ada baiknya kita pelajari terlebih dahulu kisi-kisi yang akan di ujikan, biar proses berguru yang kita lakukan sanggup lebih efektif dan efisien.


Baiklah, kali ini kita akan mempelajari kisi-kisi USBN PJOK SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019. Selamat belajar!

A. TEORI
Level Kognitif
Lingkup Materi : Permainan dan Olahraga; Kebugaran; Senam dan Aktivitas Ritmik; Aktivitas Air Kesehatan
Pengetahuan dan Pemahaman:
  • Mengidentifikasi
  • Menentukan
  • Menjelaskan
  • Mengklasifikasikan
Peserta didik bisa menjelaskan
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional (Sepakbola, Bolavoli, Bolabasket)
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional (Kasti, Rounders, Bulutangkis, Tenis meja, Soft ball)
  • kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional
  • pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana.
  • kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam acara spesifik senam lantai
  • variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam acara gerak berirama
  • Peserta didik bisa menjelaskan gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan
  • perkembangan badan berakal balig cukup akal yang mencakup perubahan fisik sekunder dan mental.
  • pola makan sehat, bergizi dan seimbang serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
  • perlunya pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas”
  • cara menjaga keselamatan diri dan orang lain di jalan raya
  • tindakan P3K pada bencana darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri
  • peran acara fisik terhadap pencegahan penyakit
Aplikasi
  1. Menerapkan
  2. Menggunakan
  3. Menentukan
Peserta didik bisa menerapkan
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional (Sepakbola, Bolavoli, Bolabasket)
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional (Kasti, Rounders, Bulutangkis, Tenis meja, Soft ball)
  • kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri
  • komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana.
  • keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam acara spesifik senam lantai
  • variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam acara gerak berirama
  • gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan
  • perkembangan badan berakal balig cukup akal yang mencakup perubahan fisik sekunder dan mental.
  • pola makan sehat, bergizi dan seimbang serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
  • perlunya pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas”
  • cara menjaga keselamatan diri dan orang lain di jalan raya
  • tindakan P3K pada bencana darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
  • memahami tugas acara fisik terhadap pencegahan penyakit
Penalaran
  1. Menyusun
  2. Merencanakan
  3. Membedakan
  4. Mendesign
  5. Menganalisis,
  6. Menilai
  7. Mengkritisi
Peserta didik bisa memakai logika dalam
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau Tradisional (Sepakbola, Bolavoli, Bolabasket)
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional (Kasti, Rounders, Bulutangkis, Tenis meja, Soft ball)
  • kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana
  • dan atau tradisional
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri
  • dalam komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana.
  • kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam acara spesifik senam lantai
  • Peserta didik bisa menganalisis variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam acara gerak berirama
  • gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan 
  • perkembangan badan berakal balig cukup akal yang mencakup perubahan fisik sekunder dan mental.
  • pola makan sehat, bergizi dan seimbang serta pengaruhnya terhadap kesehatan.
  • perlunya pencegahan terhadap “bahaya pergaulan bebas”
  • cara menjaga keselamatan diri dan orang lain di jalan raya
  • tindakan P3K pada bencana darurat, baik pada diri sendiri maupun orang lain
  • peran acara fisik terhadap pencegahan penyakit
B. PRAKTIK
Level Psikomotor
Lingkup Materi : Permainan dan Olahraga Kebugaran; Senam dan Aktivitas Ritmik; Aktivitas Air; Imitasi dan Manipulasi
  • Meniru sesuai dengan yang dilihat
  • Meniru sesuai dengan pola/petunjuk
Peserta didik bisa menjiplak sesuai yang dilihat tentang
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional (Sepakbola, Bolavoli, Bolabasket)
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional (Kasti, Rounders, Bulutangkis, Tenis meja, Soft ball)
  • kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri
  • pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana.
  • kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam acara spesifik senam lantai
  • variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak pemanasan, inti latihan, dan pendinginan dalam acara gerak berirama
  • gerak spesifik salah satu gaya renang dalam bentuk perlombaan
Presisi dan Artikulasi
  1. Melakukan dengan tepat
  2. Melakukan keterampilan yang kompleks
Peserta didik bisa melaksanakan dengan tepat
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola besar sederhana dan atau tradisional (Sepakbola, Bolavoli, Bolabasket) secara akurat
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik dalam banyak sekali permainan bola kecil sederhana dan atau tradisional (Kasti, Rounders, Bulutangkis, Tenis meja, Soft ball)
  • pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana.
  • kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam acara spesifik senam lantai
  • variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak 
  • Peserta didik bisa melaksanakan gerak spesifik salah satu gaya ruang dalam bentuk perlombaan 
  • kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional
  • variasi dan kombinasi gerak spesifik seni beladiri
Naturalisasi
  • melakukan secara otomatis
  • melakukan antisipatif
Peserta didik melaksanakan secara otomatis
  • kombinasi gerak spesifik jalan, lari, lompat, dan lempar dalam banyak sekali permainan sederhana dan atau tradisional
  • yang baik pengembangan komponen kebugaran jasmani terkait dengan kesehatan dan keterampilan secara sederhana.
  • kombinasi keterampilan berbentuk rangkaian gerak sederhana secara konsisten, tepat, dan terkontrol dalam acara spesifik senam lantai
  • variasi dan kombinasi gerak berbentuk rangkaian langkah dan ayunan lengan mengikuti irama (ketukan) tanpa/dengan musik sebagai pembentuk gerak
  • gerak spesifik salah satu gaya renang
Untuk mendapat Kisi-kisi USBN PJOK SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Pelajaran 2018/2019 selengkapnya, silahkan bisa dilihat dan di download melalui tampilan preview berikut ini:



Demikian ulasan wacana Kisi-kisi USBN PJOK SMP/MTs K-13 Tahun 2019, terimakasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.




Sumber https://pabaiq.blogspot.com/