Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENGETAHUAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI



PEDOMAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENGETAHUAN PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI
Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan. 
Contoh deskripsi: “Memiliki kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi, namun perlu peningkatan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.”
Berikut contoh tabel pengolahan penilaian pengetahuan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas X semester I.
Keterangan:
1. Penilaian harian dilakukan oleh guru dengan cakupan meliputi seluruh indikator
dari satu kompetensi dasar
2. Penilaian akhir semester merupakan kegiatan yang dilakukan oleh satuan pendidikan
untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik pada akhir semester.
Cakupan penilaian meliputi seluruh indikator yang merepresentasikan semua KD
pada semester tersebut
3. KD 3.1 dilakukan tagihan penilaian sebanyak 3 kali yang terdiri atas PH dua kali
dan PAS satu kali, maka nilai pengetahuan pada KD 3.1



4. Nilai akhir rapor




5. Deskripsi berisi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan. Pada nilai di atas yang kuasai peserta didik adalah KD 3.4 dan yang perlu ditingkatkan pada KD 3.2.

Contoh deskripsi: “Memiliki kemampuan menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi, namun perlu peningkatan kemampuan menganalisis isi dan aspek kebahasaan dari minimal dua teks laporan hasil observasi.”

Rujukan
Hatikah, Tika dkk. 2018. Bahasa Indonesia SMA: Modul Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 SMA Tahun 2018. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan


RAMBU-RAMBU/PEDOMAN PENYUSUNAN DAN CONTOH DESKRIPSI PENCAPAIAN SIKAP, NILAI PENGETAHUAN, DAN NILAI KETERAMPILAN  PADA KURIKULUM 2013 EDISI REVISI

A. Rambu-Rambu Pencapaian Sikap

1. Deskripsi sikap terdiri atas sikap yang sangat baik dan/atau sikap kurang baik yang memerlukan pembinaan dan pembimbingan.

2. Deskripsi sikap menggunakan kalimat yang bersifat memotivasi dengan pilihan kata/frasa yang bernada positif. Hindari frasa yang bermakna kontras, misalnya: ... tetapi masih perlu peningkatan dalam ... atau ... namun masih perlu bimbingan dalam hal ...


B. Pedoman Deskripsi pengetahuan

Pedoman: Deskripsi pengetahuan berisi kompetensi yang sangat baik dikuasai oleh peserta didik dan/atau kompetensi yang masih perlu ditingkatkan.


A. Pedoman Deskripsi Nilai Keterampilan

Deskripsi nilai keterampilan berdasarkan nilai KD yang menonjol berdasarkan pencapaian KD pada KI-4 selama satu semester.





Sumber https://zuhriindonesia.blogspot.com/