Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teori Sosial (Teori Berguru Observasional)

Albert Bandura* beropini bahwa akseptor didik berguru melalui pengamatan atau berdasarkan apa yang mereka saksikan. Bandura menentang teori tahapan (Piaget* dan Kohlberg*) dan teori bawaan (Alport*) yang menganggap bahwa sikap insan bersifat stabil. Menurut Bandura*, sikap insan tidak seluruhnya konsisten dan dipengaruhi oleh lingkungan.
Teori ini menyatakan bahwa berguru dipengaruhi oleh faktor personal, tingkah laku, dan lingkungan yang saling berinteraksi. Misalnya: guru memperlihatkan umpan balik (lingkungan), yang mengakibatkan akseptor didik menciptakan keinginan yang lebih tinggi (faktor personal) dan tujuan ini memotivasi akseptor didik untuk lebih ulet berguru (perilaku).
Proses pembelajaran berdasarkan Bandura dilakukan melalui observasi atau imitasi (model) yang meliputi empat unsur utama, yaitu: perhatian, ingatan, pembentukan sikap atau reproduksi, dan penguatan. Implikasi prinsip ini dalam pembelajaran yaitu sebagai berikut.
a. Penyampaian harus interaktif dan menarik
b. Demonstrasi yang dilakukan oleh guru hendaknya jelas, menarik, mudah, dan tepat
c. Contoh yang ditampilkan hendaknya memiliki mutu yang tinggi

Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Albert Bandura. Biografi
2. Jean Piaget. Biografi
    3.  Gordon Allport. Biografi