Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Download Kisi-Kisi Un Smp/Mts Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

KISI-KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA/MADRASAH TSANAWIYAH TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dibawah ini ialah Kisi-Kisi Ujian Nasional (UN) tahun 2019 yang dirilis Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). Keputusan ini ditetapkan dalam Surat Keputusan BSNP Nomor 0296/SKEP/BSNP/XI/2018 untuk Kisi-Kisi UN.

Fungsi Kisi-kisi UN ini ialah sebagai pola pengembangan dan pembuatan naskah soal ujian nasional. Kisi-kisi UN ini disusun menurut kriteria pencapaian Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, dan kurikulum yang berlaku.

Ketua BSNP  Bambang Suryadi mengatakan, kebijakan UN tahun 2019 secara umum tidak jauh berbeda dengan dengan kebijakan UN tahun 2018. Perbedaan ada pada jumlah penerima dan jadwal ujian.
“Bentuk soal UN, 100 persen disiapkan oleh Pusat”, ucapnya seraya menambahkan adanya penerapan soal yang berorientasi pada budi sehat atau Higher Order Thinking Skills (HOTS).

Terkait Ujian Nasional (UN) Tahun 2019: 

  1. Download Kisi-kisi UN Paket B dan Paket C Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019 - New!
  2. Download Kisi-kisi UN Sekolah Menengan Atas / MA Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019 - New!
  3. Download Kisi-kisi UN SMALB Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019 - New!
  4. Download Kisi-kisi UN SMK/MAK Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019 - New!
  5. Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019 - New!
  6. Download Kisi-kisi UN SMPLB Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019 - New!

DOWNLOAD KISI-KISI UN Sekolah Menengah Pertama DAN MTS TAHUN 2019

Anda bisa mendownloadnya disini (pdf) atau Anda bisa melihatnya digambar bawah ini : [KLIK GAMBAR UNTUK MEMPERBESAR]


KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019

KISI UJIAN NASIONAL SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Download Kisi-kisi UN SMP/MTs Tahun 2019 Tahun Pelajaran 2018/2019






1. Mata Pelajaran Bahasa Indonesia : Kisi-kisi UN Sekolah Menengah Pertama / MTs Tahun 2019



Level Kognitif
Lingkup Materi
Membaca Nonsastra
Membaca Satra
Menulis Terbatas
Menyunting Kata,
Kalimat, Paragraf
Menyunting Ejaan
dan Tanda Baca
Pengetahuan dan
pemahaman
· Mengidentifikasi
· Menentukan
· Memaknai
Peserta didik dapat
- menentukan makna
kata/kalimat pada teks
- menentukan informasi
tersurat teks
- menentukan bagian
teks
Peserta didik dapat
- menentukan makna kata
dalam cerpen dan fabel
- menentukan makna tersurat
dalam cerpen dan fabel
- menentukan cuilan cerpen
dan fabel
Peserta didik dapat
melengkapi istilah/kata
dalam kalimat
Peserta didik dapat
- menunjukkan kata
yang tidak sesuai
kaidah
- menunjukkan kalimat
yang tidak sesuai
dengan kaidah
Peserta didik dapat
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan ejaan
- menunjukkan
kesalahan
penggunaan tanda
baca
Aplikasi
· Menunjukkan
bukti
· Menyimpulkan
· Menemukan ide
· Menginterpretasi
· Menggunakan
Menyusun
Peserta didik dapat
- menentukan inspirasi pokok
teks
- menyimpulkan isi teks
- menyimpulkan
pendapat pro/kontra
dalam teks
- meringkas isi teks
Peserta didik dapat
- menyimpulkan makna
simbol dalam cerpen dan
fabel
- menyimpulkan isi tersirat
dalam cerpen/fabel
- menyimpulkan sebab/akibat
konflik
Peserta didik dapat
- menyusun urutan
kalimat banyak sekali jenis
teks
- melengkapi paragraf
dengan kalimat
- melengkapi bagian
teks (eksposisi,
deskripsi, ulasan, dan
lain-lain)
Peserta didik dapat
- menggunakan kata
bentukan sesuai
dengan kaidah
- menggunakan
konjungsi dalam
kalimat
Peserta didik dapat
- menggunakan ejaan
- menggunaan tanda
baca
Penalaran
· Mengevaluasi
· Membandingkan
pola
(menganalisis)
· Menanggapi
Peserta didik dapat
- membandingkan
penggunaan bahasa
dan pola penyajian
beberapa jenis teks
- menilai keunggulan/
kelemahan teks
Peserta didik dapat
- membandingkan pola
pengembangan cerpen dan
fabel
- membandingkan
penggunaan bahasa
cerpen/fabel
Peserta didik dapat
- memvariasikan kata
- memvariasikan
kalimat
- menulis dengan
ilustrasi tertentu
Peserta didik dapat
- memperbaiki
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan
paragraf
Peserta didik dapat
- memperbaiki
kesalahan
penggunaan ejaan
- memperbaiki
kesalahan
Memvariasikan
- mengomentari isi teks
- menunjukkan bukti latar
dan akhlak tokoh dalam
cerpen/tabel
- mengomentari unsur
intrinsik karya sastra
- mengubah teks ke
bentuk lain
- menentukan alasan
kesalahan penggunaan
kata, kalimat, dan
ketidakpaduan
paragraf
penggunaan tanda
baca
- menentukan alasan
kesalahan
penggunaan ejaan
dan tanda baca


2. Mata Pelajaran Bahasa Inggris : Kisi-kisi UN Sekolah Menengah Pertama / MTs Tahun 2019

Level Kognitif
Lingkup Materi
Fungsi Sosial
Struktur Teks
Unsur Kebahasaan
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mengidentifikasi
Peserta didik sanggup mengidentifikasi
aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi, dsb)
Peserta didik sanggup mengidentifikasi
keterkaitan makna antar bagian-bagian
dalam teks:
- pandangan/maksud/pendapat yang
menjadi inspirasi utama
- rincian argumentasi, rincian langkah
langkah, rincian peristiwa, rincian
deskripsi, rincian unsur-unsur teks
- plot, alur pikiran
Peserta didik sanggup mengidentifikasi unsur kebahasaan yang terkait dengan isi teks
berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive
pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- referensi makna
Aplikasi
· Membandingkan
· Mengklasifikasi
· Menjelaskan
Peserta didik sanggup membandingkan
mengklasifikasi, menjelaskan aspek
aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi, dsb)
Peserta didik sanggup membandingkan.
mengklasifikasi, menjelaskan keterkaitan
makna antar bagian-bagian dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi inspirasi utama
- rincian argumentasi, rincian langkah
langkah, rincian peristiwa, rincian
deskripsi
- plot, alur pikiran
Peserta didik sanggup membandingkan,
mengidentifikasi, menjelaskan unsur
kebahasaan yang terkait dengan isi teks
berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive
pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat conditional
- konstruksi derivative
- refrensi makna
Penalaran
· Menyimpulkan
· Merinci perbedaan/
persamaan
· Menganalisis
Peserta didik sanggup menyimpulkan,
merinci perbedaan/persamaan,
menganalisis
aspek-aspek fungsi sosial:
- topik/isu/masalah
- tujuan/fungsi/pesan
- latar belakang/alasan
- akibat/dampak/manfaat
- sikap/nilai yang diusung
- peran dan fungsi pembicara/penulis
- peran dan fungsi pendengar/pembaca
- konteks penggunaan (a.l. tempat,
waktu, situasi, dsb)
Peserta didik sanggup menyimpulkan,
merinci perbedaan/persamaan
keterkaitan
makna antar bagian-bagian
dalam teks:
- pandangan, maksud, pendapat yang
menjadi inspirasi utama
- rincian argumentasi, rincian langkah
langkah, rincian peristiwa, rincian
deskripsi
- plot, alur pikiran
Peserta didik sanggup membandingkan,
mengidentifikasi, menjelaskan unsur
kebahasaan yang terkait dengan isi teks
berikut ini:
- persamaan kata
- word order
- artikel, demonstrative, possessive
pronoun
- agreement dan number
- tense
- passive voice
- referensi gramatika
- kata sambung
- preposisi
- modal
- kalimat conditional
- konstruksi derivative
- kalimat, frasa, ungkapan simpulan
- referensi makna
Keterangan:
Jenis teks-teks ekspresi dan tertulis untuk cakupan materi fungsi sosial dan struktur teks:
1) Interaksi transaksional/interpersonal tertulis (a.l. meminta maaf, harapan, doa, maksud, kebiasaan, keharusan)
2) Fungsional pendek (a.l. announcement, notice, label)
3) Descriptive, recount, narrative, procedure, report



3. Mata Pelajaran Matematika : Kisi-kisi UN Sekolah Menengah Pertama / MTs Tahun 2019

Level Kognitif
Lingkup Materi
Bilangan
Aljabar
Geometri dan Pengukuran
Statistika dan Peluang
Pengetahuan dan Pemahaman
· Mengidentifikasi
· Mendeskripsikan
· Membuat tabulasi
· Menentukan
· Menyebutkan
Peserta didik sanggup memahami
pengetahuan tentang:
- operasi bilangan bulat
- operasi bilangan pecahan
- perbandingan
- operasi bilangan berpangkat
- bilangan bentuk akar
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
Peserta didik sanggup memahami
pengetahuan tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan
pertidaksamaan linier satu
variabel
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier dua
variabel
Peserta didik dapat
memahami pengetahuan
tentang:
- garis dan sudut
- segitiga dan segiempat
- teorema pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
Peserta didik dapat
memahami pengetahuan
tentang:
- menyajikan dan
mendeskripsikan data
dalam bentuk tabel,
diagram batang, garis,
atau lingkaran
- ukuran pemusatan data
- titik/ruang sampel dan
peluang
Aplikasi
· Mengkonstruksi
· Menyelesaikan masalah
· Menghitung
· Menginterpretasi
· Menerapkan
· Membandingkan
· Memodifikasi
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- operasi bilangan bulat
- operasi bilangan pecahan
- perbandingan
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
- aritmatika sosial
Peserta didik dapat
mengaplikasikan pengetahuan
tentang:
- bentuk aljabar
- persamaan dan
pertidaksamaan linier satu
variabel
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linier dua
variabel
Peserta didik dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- segitiga dan segiempat
- teorema Pythagoras
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
Peserta didik dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- penyajian data dalam
bentuk tabel, diagram
batang, garis, atau
lingkaran
- ukuran pemusatan data
- titik/ruang sampel dan
peluang
Penalaran
· Menganalisis
· Mengevaluasi
· Mensintesis/Mengkreasi
· Menafsirkan
· Menyimpulkan
Peserta didik dapat
memakai logika yang
berkaitan dengan:
- bilangan bulat
- bilangan pecahan
- perbandingan
Peserta didik dapat
memakai logika yang
berkaitan dengan:
- bentuk aljabar
- persamaan linear satu
variabel
Peserta didik dapat
memakai logika yang
berkaitan dengan:
- segitiga dan segiempat
- lingkaran
- bangun ruang sisi datar
Peserta didik dapat
memakai logika yang
berkaitan dengan:
- penyajian data dalam
bentuk tabel, diagram
· Memprediksi
- pola barisan bilangan
- barisan dan deret
- aritmatika sosial
- himpunan
- relasi atau fungsi
- persamaan garis lurus
- sistem persamaan linear dua
variabel
- kesebangunan dan
kekongruenan
- bangun ruang sisi
lengkung
- garis dan sudut
batang, garis, atau
lingkaran
- pemusatan data
- titik/ruang sampel dan
peluang

4. Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam : Kisi-kisi UN Sekolah Menengah Pertama / MTs Tahun 2019

Level Kognitif
Lingkup Materi
Pengukuran, Zat, dan
Sifatnya
Mekanika dan Tata
Surya
Gelombang, Listrik,
dan Magnet
Makhluk hidup dan
lingkungannya
Pengetahuan dan
Pemahaman
· Mengidentifikasi
· Mendeskripsikan
· Menyebutkan
· Menunjukkan
· Membedakan
· Mengelompokkan
Peserta didik mampu
memahami pengetahuan
tentang:
- pengukuran
- zat dan wujudnya
- sifat dan perubahan
zat
- suhu dan kalor
- sifat larutan
- unsur, senyawa, dan
campuran
- zat aditif dan zat
adiktif
- atom, ion, molekul
Peserta didik mampu
memahami pengetahuan
tentang:
- gerak lurus
- jenis gaya,
penjumlahan gaya
- hukum Newton
- usaha, energi dan
perubahan energi
- sistem tata surya
- gerak matahari,
bumi, dan bulan
- lapisan litosfir dan
atmosfir yang terkait
dengan perubahan zat
dan kalor
Peserta didik mampu
memahami pengetahuan
tentang:
- getaran dan
gelombang
- cahaya dan alat optik
- listrik statis
- energi listrik dan
daya listrik
- kemagnetan
Peserta didik dapat
memahami pengetahuan
tentang:
- gejala alam biotik
dan abiotik
- ciri-ciri/karakteristik
makhluk hidup
- interaksi antara
makhluk hidup dan
lingkungan
- bioteknologi
Aplikasi
· Mengklasifikasi
· Menginterpretasi
· Menghitung
· Mengurutkan
· Membandingkan
· Menerapkan
· Memodifikasi
Peserta didik mampu
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- pengukuran
- zat dan wujudnya
- sifat dan perubahan
zat
- unsur, senyawa, dan
campuran
- pemuaian
- suhu dan kalor
- sifat larutan
- zat aditif dan zat
adiktif
Peserta didik mampu
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- gerak lurus
- hukum Newton
- usaha, energi dan
perubahan energi
- pesawat sederhana
- tekanan pada zat
Peserta didik mampu
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- getaran dan
gelombang
- cahaya dan alat optik
- bunyi
- listrik statis
- listrik dinamis
- energi listrik dan
daya listrik
- kemagnetan
- induksi
elektromagnetik
Peserta didik dapat
mengaplikasikan
pengetahuan tentang:
- fenomena interaksi
antara makhluk hidup
dan lingkungan
tertentu
- pencemaran
lingkungan
- prosedur
pengklasifikasian
makhluk hidup


Sumber https://www.tomatalikuang.com/