Kriteria Ketuntasan Minimal ( Kkm )
PERHITUNGAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMUM
Nama Sekolah : MTs Kelas/semester : VII / 2
Mata Pelajaran : SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI ) Tahun Pelajaran : ....... / ........
Nilai KKM :
STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR | KRITERIA PENENTUAN KKM | HASIL KKM DALAM ASPEK | KKM % | |||
Kompleksitas | Daya Dukung | Intake Siswa | Penguasaan Konsep | Penerapan | ||
4. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin | ||||||
4.1. Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin | ||||||
þ Menjelaskan banyak sekali prestasi yang dicapai Khulafaurrasyidin þ Mengklasifikasi prestasi Khulafaurrasyidin þ Menjelaskan prestasi Khulafaurrasyidin yang menonjol | ||||||
4.2. Mengambil pesan tersirat dari prestasi Khulafaurrasyidin di kaitkan dengan perkembangan kondisi sekarang | ||||||
þ Menjelaskan pesan tersirat yang sanggup diambil dari prestasi Khulafaurrasyidin þ Mengkaitkan prestasi Khulafaurrasyidin dengan perkembangan kondisi sekarang | ||||||
4.3. Meneladani gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin | ||||||
þ Menjelaskan gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin þ Mengidentifikasi gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin þ Mengklasifikasi gaya kepemimpinan Khulafaurrasyidin | ||||||
KKM SK 4 | ||||||
Jumlah SK 4 ( 3 KD ) |
5. Memahami perkembangan masyarakat Islam pada masa Bani Umaiyah | |||||||
5.1. Menceritakan sejarah berdirinya daulah Amawiyah | |||||||
þ Menjelaskan proses berdirinya daulah Amawiyah | |||||||
5.2. Mendeskripsikan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | |||||||
þ Menjelaskan banyak sekali prestasi pada masa Bani Umaiyah þ Mengidentifikasi berbagai prestasi pada masa Bani Umaiyah | |||||||
5.3. Mengidentifikasi tokoh ilmuwan muslim dan kiprahnya dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | |||||||
þ Menyebutkan tokoh ilmuwan muslim pada masa Bani Umaiyah þ Menjelaskan tugas tokoh ilmuwan muslim þ dalam kemajuan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah | |||||||
5.4. Mengambil ibrah dari perkemba-ngan kebudaya-an/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah untuk masa kini dan yang akan datang | |||||||
þ Menjelaskan ibrah dari perkembangan kebudayaan/ peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah þ Menunjukkan keterkaitan perkembangan kebudayaan/peradaban Islam pada masa Bani Umaiyah dengan perkembangan masa kini dan yang akan datang | |||||||
5.5. Meneladani kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz | |||||||
þ Menjelaskan kesederhanaan Umar bin Abdul Aziz dikala menjadi seorang khalifah þ Menjelaskan keshalehan Umar bin Abdul Aziz dalam beribadah þ Mengklasifikasi bentuk kesederhanaan dan keshalehan Umar bin Abdul Aziz | |||||||
KKM SK 5 | |||||||
Jumlah SK 5 ( 5 KD ) | |||||||
RATA-RATA | |||||||
RATA-RATA KESELURUHAN | |||||||
Mengetahui, ………………………, 20…….
Kepala MTs Guru Mata Pelajaran
………………………….. …………………………
NIP. NIP.